Kurir robot semakin banyak di kota besar

Lantaran robot sebagian besar memiliki daya baterai, dukungan terhadap teknologi tersebut diharapkan dapat mengurangi gangguan polusi udara.

Kurir robot semakin banyak di kota besar Source: Starship Technologies

Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee, diinformasikan baru saja menandatangani persetujuan untuk mengizinkan dukungan dari Starship Technology agar robot pengantarnya hadir di kota tersebut. Dengan demikian, Washington merupakan negara bagian di Amerika Serikat kedelapan yang memberi lampu hijau untuk kurir robot berkeliaran di trotoar dan penyeberangan.

Lantaran robot sebagian besar menggunakan daya baterai, dukungan terhadap teknologi tersebut diharapkan dapat mengurangi gangguan polusi udara dan mengurangi kemacetan karena bentuknya yang kecil. Dilansir dari Engadget (1/5), robot juga memberikan keunggulan pada bisnis lokal yang kompetitif. Perusahaan yang tidak memiliki infrastruktur pengiriman dapat menggunakan teknologi robot untuk mendapatkan kembali keunggulan perusahaan seperti Amazon.


BACA JUGA

ROBOpilot bikin pesawat tua layaknya punya sistem otonom

Andalkan AI, robot Exosuit bisa bantu orang berjalan dan berlari

Berkat AI, robot anjing ini jadi penurut


Tetapi ada beberapa pihak yang mengatakan unit pengiriman robot dapat menimbulkan risiko bagi pejalan kaki, meskipun belum ada bukti insiden. Menggunakan visi komputer, GPS dan machine learning, robot dirancang untuk memetakan lingkungan mereka secara otomatis, menavigasi daerah yang ramai dan menghindari rintangan.

Virginia membuka jalan bagi pengiriman robot pada tahun 2017, dan Idaho, Wisconsin, Florida, Ohio, Utah serta Arizona telah mengikuti jejaknya. Negara bagian lain, seperti San Francisco, masih berkutat dengan undang-undang yang terlibat. Tetapi dengan perusahaan-perusahaan global besar seperti FedEx yang semakin tertarik pada teknologi, negara-negara di sekitar AS harus mengatasi masalah ini lebih cepat agar dapat mengadopsi kemudahan untuk masyarakat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: