sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
Jumat, 11 Jun 2021 14:48 WIB

Korea Selatan dan Hyundai kerja sama garap taksi terbang

Hyundai Motor baru saja mengumumkan kemitraan dengan Korea Selatan untuk membangun ekosistem mobilitas udara, taksi terbang.

Korea Selatan dan Hyundai kerja sama garap taksi terbang
Source: Gizmochina

Mobil listrik diketahui menjadi tren bagi sebagian perusahaan teknologi dan otomasi. Namun seiring berjalannya waktu, tren baru muncul memanfaatkan udara sebagai landasannya.

Setelah Eropa yang dikabarkan akan memiliki taksi terbang pada 2024, kini Korea Selatan juga menyusul. Dilansir dari Gizmochina (11/6), Hyundai Motor baru saja mengumumkan kemitraan dengan ibu kota Seoul, Korea Selatan untuk membangun ekosistem mobilitas udara perkotaan atau Urban Air Mobility (UAM). Menurut sumber, sistem baru untuk transportasi tersebut akan dikomersialkan pada 2028.

Menurut sumber, Hyundai akan memulai UAM dengan stasiun pendaratan untuk taksi udara atau yang mereka sebut Vertiport. Perusahaan juga akan membangun roadmap jangka panjang untuk sektor ini.

Bicara tentang keunggulan Hyundai dalam hal UAM, Direktur Song Jae-Yong menyebutkan 37 fasilitas manufaktur yang mereka miliki di 10 negara, serta anak perusahaan yang memproduksi komponen, infrastruktur, dan keuangan. Dia juga membicarakan tentang pengembangan teknologi perusahaan dalam bahan bakar listrik dan hidrogen.

Untuk meningkatkan upaya UAM, raksasa otomasi asal Korea Selatan itu merekrut Dr. Shin Jai-Won yang sebelumnya bekerja untuk NASA di Amerika Serikat. Juga, berencana mendirikan anak perusahaan di Washington, DC untuk bisnis UAM-nya.

Hyundai mengatakan, layanan transportasi akan dimulai dari Bandara Internasional Gimpo hingga sekitar 30-70 kilometer di dalam kota. Perusahaan mengklaim, akan menawarkan layanan UAM yang aman, tanpa suara, hemat biaya, dan berorientasi pada konsumen.

Selain Hyundai, pabrikan mobil Toyota juga berinvestasi di sektor baru ini. Baru-baru ini, Archer Aviation juga meluncurkan taksi terbang listrik pertamanya bernama Maker dan direncanakan beroperasi secara komersial pada 2024.

Tag
Share
×
tekid
back to top