sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Mar 2022 17:47 WIB

Jepang punya robot penyortir mie

Perusahaan asal Jepang bernama RT berhasil membuat robot yang bisa menyortir mie secara otomatis tanpa bantuan manusia, Robot ini diberi nama Foodly.

Jepang punya robot penyortir mie

Bisa dibilang robot memiliki performa yang lebih baik dalam hal pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang. Berikut pekerjaan yang memerlukan durasi yang panjang. Ini dikarenakan, robot tidak merasakan lelah, sifat alamiah pada manusia yang dapat  membuat performanya menurun. Selain itu, pekerja manusia juga membutuhkan istirahat dan tidur.

Di sisi lain, robot dapat mengerjakan pekerjaan dengan stabil meskipun dalam durasi yang sangat panjang. Ia dapat melakukannya secara stabil dengan kemungkinan melakukan kesalahan yang sangat minim karena tidak merasa kelelahan. Pada gilirannya, penggunaan robot memang lebih efisien dan memungkinkan perusahaan meningkatkan volume produksi.

Dilansir dari Ubergizmo (18/3), perusahaan robotika asal Jepang bernama RT mengembangkan robot baru bernama Foodly yang mampu menyortir mie secara otomatis. Hal ini dilakukan dengan menyematkan sistem pengenalan gambar pada robot itu sendiri, sehingga dapat digunakan untuk menangkap dan mengidentifikasi makanan yang diletakkan di depannya.

Robot tersebut kemudian menyortir mie menggunakan tangan berbentuk garpu, dan kemudian meletakkannya di atas sabuk berjalan (conveyor belt). Sabuk itu sendiri juga dilengkapi timbangan bawaan sehingga dapat mendeteksi jumlah mie yang diletakkan di atasnya dengan cepat.

Tujuan di balik robot Foodly adalah bahwa perusahaan berhadap dapat bermanfaat bagi perusahaan kecil yang mungkin kekurangan tenaga kerja. Selain itu, robot ini juga berguna bagi perusahaan yang ingin meningkatkan produksinya secara efisien dan stabil.

Mungkin ide di balik robot ini bisa dibilang cukup bagus, meskipun dalam penerapannya yang terlihat di video, gerakan robot memang tampak kaku dan tersentak-sentak sehingga mie bergoyang-goyang. Namun secara keseluruhan, prosesnya berjalan dengan lancar dan cepat, dan mungkin perusahaan dapat menambahkan perbaikan agar membuatnya dapat bergerak yang lebih mulus lagi.

Share
×
tekid
back to top