Jepang perkenalkan robot pembantu di Olimpiade 2020

Jepang bakal menggunakan robot sebagai penyedia informasi, dan secara umum membantu pengunjung selama perhelatan Olimpiade 2020.

Jepang perkenalkan robot pembantu di Olimpiade 2020 Source: TheVerge

Olimpiade 2020 bakal menghadirkan sensasi baru bagi dunia teknologi. Perhelatan olahraga yang akan digelar di Jepang tersebut dipastikan akan menggunakan robot untuk membantu para penonton. Robot buatan Toyota tersebut akan mengarahkan orang ke tempat duduk, menyediakan berbagai informasi dan membawa makanan serta minuman.

JIka sebelumnya Olimpiade yang digelar di London mengandalkan sejumlah sukarelawan untuk membantu massa pada ajang olahraga tersebut, kali ini dua jenis robot yang bakal menjalankan tugasnya. Adapun Human Support Robot (HSR) merupakan robot yang bertugas untuk membawa keranjang. Sedangkan Delivery Support Robot (DSR) akan menjalankan peran sebagai tempat sampah, namun bersifat mobile dan bisa mengangkut barang di sekitarnya.


BACA JUGA

Ilmuwan berhasil ciptakan robot partikel pertama di dunia

Tombot hadirkan robot anjing jenis Golden Labrador

Ilmuwan punya robot pelestarian air yang terispirasi dari udang


Dilansir dari TheVerge (16/2), ada 16 robot yang akan diletakkan di beberapa tempat penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020. Pihak Toyota berharap robot-robot tersebut  nantinya dapat dijual ke publik pada 2030.

“Kami sudah mencari cara bagaimana kami bisa mendukung keseharian orang, dan bagaimana kami mengembangkan robot yang dapat menjadi rekan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam olimpiade, akan ada banyak pengunjung yang menggunakan kursi roda dan kami ingin mereka dapat menikmati pertandingan tanpa harus mengkhawatirkan mobilitas mereka.” ujar Minoru Yamauchi, General manager Toyota.

Untuk diketahui, Olympic Games biasanya juga menjadi ajang negara tuan rumah untuk menunjukkan budaya atau pencapaian teknologi mereka. Nah, terakhir kali Jepang menjadi tuan rumah olimpiade adalah tahun 1964. Kala itu, Jepang memperkenalkan Shinkansen, kereta peluru super cepatnya yang ikonik sampai sekarang. Kali ini Jepang akan kembali membuktikan kemajuan teknologi negaranya dengan menggunakan robot sebagai pembantu umum dalam perhelatan Olimpiade 2020.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Robot Sains