Jepang batalkan kirim kargo penting ke luar angkasa

Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang urung mengirim kargo penting ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Jepang batalkan kirim kargo penting ke luar angkasa

Badan Eksplorasi Luar Angkasa Jepang (JAXA) tiba-tiba menunda peluncuran kargo penting ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Keputusan itu bahkan diumumkan JAXA di Twitter, hanya satu jam sebelum jadwal peluncuran roket.

Sayangnya lembaga antariksa tersebut tak mengumumkan kapan jadwal peluncuran setelah penundaan ini. Mereka juga tak membeberkan alasan dibalik keputusan penundaan itu.

Kendati begitu, Mitsubishi Heavy Industries (MHI), perusahaan yang mengembangkan roket itu, mengatakan adanya masalah serius sehingga peluncurannya ditunda.

"Kami menghadapi masalah yang agak serius," kata Koki Nimura, senior chief engineer di MHI.

Sebelumnya peluncuran itu juga telah tertunda. Mulanya jadwal kargo JAXA itu meluncur pada 11 September. Namun adanya topan di dekat lokasi peluncuran di Tanegashima Space Center, Jepang selatan, membuat rencana harus tertunda.

Kargo itu akan membawa pasokan penting bagi enam astronot yang saat ini tingal di atas laboratorium yang mengorbit bumi. Muatan dalam kargo tersebut meliputi enam baterai baru yang akan dipasang astronot di luar stasiun luar angkasa. Selain itu, pesawat luar angkasa tersebut juga membawa sejumlah persediaan percobaan penelitian ilmiah yang sedang dilakukan di stasiun luar angkasa.

Pesawat kargo itu sendiri memerlukan sekitar dua setengah hari untuk menuju stasiun luar angkasa. Proses peluncurannya dijadwalkan akan tayang melalui NASA TV dengan jadwal baru yang belum diumumkan JAXA. Demikian dilansir Space.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
NASA