sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
Senin, 19 Jul 2021 11:07 WIB

Jembatan di Belanda dicetak 3D dan punya sensor mutakhir

Serangkaian sensor yang dipasang di jembatan digunakan untuk mengumpulkan pengukuran strktural mengenai regangan, rotasi, beban, perpindahan, dan getaran.

Jembatan di Belanda dicetak 3D dan punya sensor mutakhir
Thea van den Heuvel

Perusahaan cetak 3D asal Belanda, MX3D, akhirnya mewujudkan rencana mereka untuk memasang jembatan baja cetak 3D pertama di dunia yang berlokasi di atas kanal Amsterdam. Ratu Belanda secara resmi telah membuka jembatan tersebut untuk umum. Jembatan ini juga memiliki sensor tersembunyi yang mengumpulkan data tentang integritas struktural, perilaku kerumunan, dan masih banyak lagi.

Proyek ini dirancang oleh Joris Laarman Lab, dengan perusahaan seperti Arup menangani tugas-tugas teknik, dan juga melibatkan ABB, Air Liquide, ArcelorMittal, Autodesk, AMS Institute, dan Lenovo. Rencana awalnya adalah membuat jembatan di tempat, tetapi ini ternyata tidak mungkin karena masalah keamanan dan yang lainnya. Dengan demikian, jembatan dibuat di pabrik.

Dilansir dari New Atlas (19/7), proses pencetakan sebenarnya hanya memakan waktu enam bulan dan selesai pada tahun 2018, tetapi karena penundaan yang tidak terduga, termasuk menunggu sementara dinding kanal diperbaiki, jembatan itu baru diangkut ke lokasi dengan perahu dan kemudian diangkat ke posisinya menggunakan derek.

Jembatan ini memiliki panjang 12,2 meter dan lebar 6,3 meter. Sementara proyek beton cetak 3D mengeluarkan campuran seperti semen dari nozzle berlapis-lapis, logam jelas menangani dengan cara berbeda. Oleh karena itu, pembuatan desain jembatan yang kompleks melibatkan empat robot yang mengelas lapisan logam panas bersama-sama menggunakan kawat las standar dan gas.

Serangkaian sensor yang dipasang di jembatan digunakan untuk mengumpulkan pengukuran strktural mengenai regangan, rotasi, beban, perpindahan, dan getaran; sementara juga membaca data tentang faktor lingkungan seperti kualitas udara dan suhu saat penduduk setempat dan pengunjung menggunakan penyeberangan di Amsterdam.

Semua data tersebut dimasukkan ke dalam model komputer untuk membantu para insinyur memantau status strukturalnya secara real-time. Data ini juga akan digunakan untuk “mengajari” jembatan untuk menghitung berapa banyak orang yang melintasinya, seberapa cepat orang itu berjalan, dan masih banyak lagi.

Share
×
tekid
back to top