sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
Rabu, 05 Mei 2021 08:58 WIB

Inverter jenis baru bisa tingkatkan jarak mobil listrik

Inverter daya adalah perangkat elektronik yang mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik, dalam konteks kendaraan listrik, ia mengambil listrik dari baterai.

Inverter jenis baru bisa tingkatkan jarak mobil listrik

Teknologi baterai yang terus meningkat bisa menambah jarak kendaraan listrik. Meski demikian, kendaraan ini memiliki banyak bagian bergerak yang berperan dalam performa keseluruhannya. Dengan menata ulang cara inverter daya menyampaikan arus listrik dari baterai ke motor, para ilmuwan di Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration telah membuat desain baru yang diklaim bekerja jauh lebih efisien, dan dapat meningkatkan jangkauan mobil listrik sebanyak 6%.

Inverter daya adalah perangkat elektronik yang mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik, dan dalam konteks kendaraan listrik, ia mengambil listrik dari baterai dan mengubahnya untuk menjalankan motor listrik. Sebagai perantara antara baterai dan motor, inverter daya dan transistornya dibuat untuk mengatasi arus listrik besar, yang menyebabkan suhu naik seiring kendaraan digunakan.

Untuk mengatasi hal ini, inverter daya di mobil listrik menggunakan elemen pendingin padat yang menampilkan saluran di dalam air, di mana panas diarahkan dan dilepaskan. Elemen pendingin inilah yang menjadi fokus para ilmuwan Fraunhofer, yang telah mengembangkan transistor canggih untuk inverter yang terbuat dari semikonduktor silikon karbida, menawarkan tingkat kehilangan daya yang lebih rendah saat kendaraan listrik beroperasi.

Dilansir dari New Atlas (5/5), tim mulai merancang elemen pendingin untuk transistor canggih tersebut yang tidak terpengaruh dengan peningkatan daya dari semikonduktor silikon karbida. Mereka memanfaatkan pencetakan 3D untuk menghasilkan elemen pendingin dengan dinding yang jauh lebih tipis, dan menempatkan transistor pada pelat logam tipis dengan ketebalan hanya beberapa milimeter.

Hasil dari desain yang lebih tipis ini adalah transistor lebih dekat ke air pendingin, yang meningkakan efek pendinginan. Saluran pendingin berfungsi ganda sebagai komponen struktural, mendukung pelat logam, sedangkan sifat tipis bahan tersebut memungkinkannya menyerap tegangan saat inverter memanas dan didinginkan, dengan lebih minim mengalami deformasi. Selain itu, kabel tembaga fleksibel mengikat semuanya bersama-sama ketimbang trek tembaga padat, yang selanjutnya mengurangi tekanan selama operasi.

Share
×
tekid
back to top