sun
moon
Premium Partner :
Senin, 30 Des 2019 12:15 WIB

Ini materi yang dapat bergerak lebih cepat dari cahaya

Saat ini, tidak ada yang dapat bergerak lebih cepat dari cahaya. Namun teleportasi kuantum tampaknya melanggar batas kecepatan itu.

Ini materi yang dapat bergerak lebih cepat dari cahaya
Source: Google

Para ilmuwan dari Universitas Bristol dan Universitas Teknik di Denmark berhasil mencapai apa yang mereka sebut “quantum teleportation” antar dua chip komputer untuk pertama kalinya. Tim ini berhasil mengirimkan informasi dari satu chip ke chip lainnya secara instan. Yang menarik, hal ini dilakukan tanpa adanya hubungan secara fisik atau elektronik dari kedua chip tersebut. Penemuan ini disebut-sebut akan membuka pintu bagi komputer kuantum dan internet kuantum. 

Teleportasi ini mungkin terjadi karena adanya fenomena yang disebut dengan keterikatan kuantum, dimana dua partikel terjalin menjadi satu sama lain sehingga dapat ‘berkomunikasi’ dalam jarak jauh. Mengubah sifat satu partikel akan menyebabkan perubahan juga  pada partikel lain secara instan, sejauh apapun kedua partikel ini terpisah. Intinya, informasi sedang diteleportasi di antara kedua partikel tersebut. 

Secara hipotesis, tidak ada batasan jarak yang dapat digunakan teleportasi kuantum, yang pada akhirnya cukup membingungkan dalam dunia sains. Sebagaimana diketahui, pemahaman fisika saat ini mengatakan bahwa tidak ada yang dapat bergerak lebih cepat dari cahaya. Namun teleportasi kuantum tampaknya melanggar batas kecepatan itu. Sebagaimana dilansir dari NewAtlas (30/12), Einstein pernah menyebutnya dengan “aksi seram di kejauhan”. 

Untuk diketahui, tim ilmuwan tersebut dapat menghasilkan pasangan foton yang terikat pada chip itu dan kemudian membuat pengukuran kuantum. Metode ini mengubah keadaan foton dan perubahan itu kemudian langsung diterapkan ke foton pada chip lain. 

Para ilmuwan tersebut mengungkapkan bahwa tingkat keberhasilan teleportasi itu berada di angka 91 persen dan berhasil melakukan beberapa fungsi lain yang akan penting untuk komputasi kuantum. Dalam percobaan itu, para ilmuwan tersebut juga berhasil menghubungkan empat foton secara bersamaan. 

Untuk diketahui, informasi yang diteleportasi dalam jarak jauh sebenarnya sudah dilakukan beberapa kali. Pertama, pada dua ruangan yang berbeda. Selanjutnya pada jarak 25 km dab terus bertambah hingga 1200 km melalui satelit. Namun melakukan teleportasi antar dua chip yang berbeda merupakan sebuah terobosan besar dalam komputasi kuantum. 

Tag
Share
back to top