Ini foto Bumi dari jarak 114 juta kilometer

Foto ini diambil menggunakan pesawat luar angkasa milik NASA yang bertugas untuk mempelajari asteroid Bennu.

Ini foto Bumi dari jarak 114 juta kilometer Source: NASA

Pada awal bulan ini pesawat ruang angkasa Osiris-Rex milik NASA kabarnya berhasil mencapai orbit di asteroid Bennu. Dilansir dari DP Review (17/1) baru-baru ini wahana luar angkasa tersebut menampilkan foto dua titik terang. Subjek sebelah kanan (berukuran lebih besar) adalah Bennu. Sementara sebelah kiri (berukuran lebih kecil) adalah Bumi dan bulan yang terlihat dari jarak 114 juta kilometer.

Gambar tersebut ditangkap oleh kamera monokrom NavCam1 pada pesawat luar angkasa misi Osirix-rex pada tanggal 19 Desember 2018, menurut situs web misi Bennu. Kecerahan gambar asteroid itu karena kecepatan shutter berdurasi 5 detik. Dengan demikian menjadikan Bumi dan bulan terlihat.


BACA JUGA

Peneliti kembangkan drone tanpa baling-baling dan sayap

NASA punya satelit utama untuk misi Mars 2020

Kain ini bisa sesuaikan suhu tubuh


Wahana Osiris-Rex telah bertugas menjelajahi Bennu, yakni sebuah asteroid besar yang terletak sekitar 114 juta kilometer dari Bumi. Pada tanggal 31 Desember, Osiris-Rex menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang berhasil mengorbit objek sekecil Bennu, di mana ia akan tetap di situ sebelum mendarat sebentar pada tahun 2020 untuk mengangkut beberapa sampel.

Pesawat ruang angkasa tersebut telah mengembalikan sejumlah gambar ke tim di Bumi, termasuk foto close-up permukaan berbatu asteroid. Osiris-Rex sendiri merupakan singkatan dari Origins Spectral Interpretation Resource Identification Security Regolith Explorer. Materi yang dikembalikan dari Bennu melalui pesawat ini memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pembentukan dan evolusi tata surya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: