Ini dia rekor untuk mobil otonom tercepat di dunia

Sebuah kompetisi balap bernama Roborace dikabarkan sedang mencoba seri balap untuk mobil otonom dan telah menetapkan Guniness World Record untuk mobil otonom tercepat di dunia.

Ini dia rekor untuk mobil otonom tercepat di dunia

Pengembangan mobil otonom sebagian besar berfokus pada perjalanan otomatis sambil mendeteksi subjek sekitarnya demi kelancaran bersama berkat serangkaian sensor mutakhir, tetapi belum terlalu menonjolkan kecepatan mobil itu sendiri.

Sebuah kompetisi balap bernama Roborace dikabarkan sedang mencoba seri balap untuk mobil otonom dan telah menetapkan Guniness World Record untuk mobil otonom tercepat di dunia dengan kecepatan 282 km/jam.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Honda CR-V hibrida mendatang bisa mode listrik sepenuhnya

Toyota Prius akhirnya dukung Apple CarPlay

Bulan depan Mazda akan pamerkan mobil listrik pertamanya


Mobil balap otonom Roborace, bernama Robocar, membuat rekornya saat berjalan di Elvington Airfield Inggris bersama juri dari Guinness. Lantaran tidak ada rekor kecepatan tertinggi mobil otonom, Guinness menetapkan 258 km/jam sebagai rekor tidak resmi yang harus dikalahkan Robocar.

Namun, rekor kecepatan 282 km/jam tidaklah hal yang baru. Sebelumnya Roborace mengatakan Robocar mampu mencapai kecepatan 318 km/jam, jadi kemungkinan mobil ini belum menghadirkan kecepatan optimalnya saat memecahkan rekor. Kecepatan tertinggi mobil produksi saat ini dipegang oleh Bugatti Chiron yang mampu mencapai kecepatan maksimal 489 km/jam. Tetapi Robocar tetap memegang rekor untuk mobil otonom tercepat di dunia.

Meski Audi telah mengumumkan beberapa purwarupa mobil otonom berperforma tinggi, secara umum kecepatannya bukan prioritas bagi pengembang. Sebagian besar perusahaan yang bekerja pada mobil otonom berencana untuk menggunakannya dalam layanan ridesharing dan pengiriman di jalan-jalan kota padat.

Diluncurkan pada tahun 2017, Robocar ditenagai oleh empat motor listrik, sehingga mampu menghasilkan 402 tenaga kuda untuk seluruh motor listriknya. Mobil berbentuk mirip rudal tersebut tidak memiliki ruang untuk pengemudi. Roborace mengatakan musim pertama seri balapannya akan menampilkan mobil yang dikendarai manusia. Demikian dilansir dari Digital Trends (11/9).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: