Ini dia foto sisi jauh Bulan dari satelit China

Satelit China bernama Longjiang-2 berhasil mengabadikan sebuah momen dari sisi jauh Bulan. Satelit ini mengambil beberapa foto dengan Bumi sebagai background.

Ini dia foto sisi jauh Bulan dari satelit China Source: Dwingeloo Radio Observatory

Sebuah satelit China berhasil mengambil gambar Bulan dan Bumi secara bersamaan. Menariknya gambar ini diambil dengan perspektif yang sedikit berbeda dibanding gambar yang pernah ada. Ya, gambar ini diambil dari sisi jauh Bulan, dengan Bumi sebagai latar belakangnya.

Sebagaimana diungkapkan TheVerge (6/2), gambar tersebut diambil oleh satelit Longjiang-2 yang mulai memasuki orbit bulan sejak Juni 2018.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini bukti bahwa Mars pernah memiliki air

Peneliti berhasil tumbuhkan kapas di Bulan

Ilmuwan buat teori elevator dari Bumi ke Bulan


Sementara itu, Cina jgua memiliki satelit Chang’e-4 yang berhasil mendarat di sisi jauh bulan pada awal tahun ini.  Pada proses pendaratan satelit Chang'e-4, Longjiang-2 memasuki mode silent. Hal ini bertujuan agar komunikasi Bumi dengan Chang’e-4 tidak terganggu oleh sinyal komunikasi dari Longjiang-2. Namun beberapa waktu lalu, Longjiang-2 kembali aktif.

Sebagaimana diketahui, China sebelumnya berhasil memecahkan rekor dunia dengan mendaratkan Chang’e-4 di sisi jauh Bulan. Hal ini terbilang sulit, lantaran Bumi kesulitan menjalin komunikasi jika ada armada yang mendarat sisi tersebut.

Sebenarnya, satelit mini Longjiang-2 mengambil sejumlah foto time-lapse yang menunjukkan sistem Bumi-Bulan pada 3 Februari lalu. Nah, gambar yang dipublikasikan ini merupakan foto pertama dari rangkaian time-lapse tersebut.

Untuk diketahui, Longjiang-2 sebenarnya memiliki rekan yang sama-sama mengorbit di Bulan, yakni Longjiang-1. Namun di pertengahan 2018, pihak China menyatakan kehilangan kontak dengan satelit tersebut.

Hingga saat ini, Longjiang-2 masih mengambil beberapa foto lagi. Semoga saja dalam beberapa waktu ke depan akan muncul lagi foto-foto menarik dari satelit ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: