Ini bukti bahwa Mars pernah memiliki air

Dua gambar terbaru menunjukkan bahwa planet Mars pernah memiliki air dan bahkan sungai. Bukti ini mengungkap lebih jauh misteri planet merah tersebut.

Ini bukti bahwa Mars pernah memiliki air Source: European Space Agency

Dua gambar terbaru akhirnya mengungkap lebih dalam mengenai sejarah air di planet Mars. para peneliti percaya bahwa miliaran tahun lalu, Mars memiliki atmosfer tebal. Atmosfer itu dapat memerangkap panas dan memungkinkan adanya air di planet tersebut. 

Dalam gambar yang dirilis ESA Mars Express, sebuah pesawat ruang angkasa yang mengorbit planet tersebut, tampak bekas sistem aliran sungai yang disebut Nirgal Vallis. Lokasinya berada di selatan garis ekuator planet tersebut, sebagaimana dilansir dari Digital Trends (14/10). 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Memburu jejak kehidupan di Planet Mars

Peneliti temukan metal baru yang tidak dapat tenggelam

Peneliti berhasil tumbuhkan kapas di Bulan


Sistem sungai itu memanjang hingga 700 km dan terbentuk karena aliran air serta tumbukan meteorit. Dalam gambar tersebut, alirannya bahkan terlihat bercabang ke berbagai sisi. Sungai itu dipercaya eksis antara 3,5 dan 4 miliar tahun lalu. 

Menariknya, pada rentang waktu yang sama, permukaan Gale Crater juga tampak berbeda. Untuk diketahui, Gale Crater merupakan lokasi dimana wahana Curiosity melakukan penelitian di planet tersebut. Rover tersebut menangkap gambar adanya retakan di tanah, yang menunjukkan bahwa permukaan itu tadinya berupa lumpur yang kemudian mengering. 

Masih di Gale Crater, terdapat juga Mount Sharp, berupa gunung besar yang didaki secara perlahan oleh Curiosity. Sisi curam pada gunung tersebut membuat para peneliti dapat melihat lapisan batuan yang berbeda. 

Sejauh ini para peneliti masih mendalami misteri mengenai adanya air di planet merah tersebut dan apa yang terjadi padanya sehingga berbentuk seperti saat ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: