sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 30 Mei 2022 09:30 WIB

Ingenuity abadikan lautan pasir di Mars

NASA mengunggah video yang dibuat dari kumpulan gambar yang diambil oleh Ingenuity selama penerbangannya yang ke-25.

Ingenuity abadikan lautan pasir di Mars

Helikopter Ingenuity milik NASA yang saat ini sedang berpetualang di Mars baru saja mengirimkan data tak ternilai ke Bumi, menunjukkan video lautan pasir di planet merah tersebut. Baru-baru ini, NASA mengunggah video yang dibuat dari kumpulan gambar yang diambil oleh Ingenuity selama penerbangannya yang ke-25.

Penerbangan panjang itu berlangsung pada 8 April, ketika Ingenuity pindah dari wilayah South Séítah menuju delta, tujuan rover Perseverance untuk mencari lebih banyak tanda-tanda kehidupan purba. Sebab, Ingenuity harus berada di jarak aman yang tidak cenderung jauh dari rovernya.

Dilansir dari Digital Trends (30/5), video tersebut dibuat menggunakan gambar dari kamera navigasi hitam putih yang dimiliki Ingenuity dalam sistem terbang otonomnya. Adapun pilot Ingenuity yang berbasis di Laboratorium Propulsi Jet NASA, adalah yang merencanakan perjalanan dan memberikan perintah kepada helikopter kecil tersebut.

“Selama penerbangan, sensor onboard, kamera navigasi, unit pengukuran inersia, dan pencari jarak laser, menyediakan data real-time ke prosesor navigasi Ingenuity dan komputer penerbangan utama, yang memandu helikopter dalam penerbangan,” tulis NASA dalam sebuah postingan. menyertai videonya. “Ini memungkinkan Ingenuity untuk bereaksi terhadap lanskap sambil menjalankan perintahnya.”

Video berdurasi 35 detik itu menunjukkan lautan pasir yang beriak. Ada juga bebatuan yang tertangkap dalam gambar, yang terlihat kecil karena diambil dari jarak 10 meter. Bayangan Ingenuity juga terlihat seperti seekor kepiting kecil yang berjalan di pasir.

“Untuk penerbangan kami yang memecahkan rekor, kamera navigasi bawah Ingenuity memberi kami perasaan yang menakjubkan tentang bagaimana rasanya meluncur 33 ft (10 meter) di atas permukaan Mars dengan kecepatan 12 mph ”kata Teddy Tzanetos, ketua tim Ingenuity dari NASA Jet Laboratorium Propulsi di California Selatan.

Share
×
tekid
back to top