sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 17 Jan 2023 15:44 WIB

Ilmuwan Prancis gunakan laser untuk tangkal petir

Para ilmuwan telah bereksperimen untuk menggunakan laser yang kuat untuk menangkal petir. Cara ini lebih efektif daripada cara konvensional.

Ilmuwan Prancis gunakan laser untuk tangkal petir

Menggunakan laser untuk mengalihkan sambaran petir yang berpotensi merusak mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah. Namun beberapa peneliti tampaknya telah berhasil mencapai prestasi seperti itu.

Jika dikembangkan sepenuhnya, teknologi itu akan lebih efektif daripada batang penangkal petir yang telah lama digunakan dan oleh karena itu dapat menjadi tindakan perlindungan yang lebih baik untuk tempat-tempat seperti pembangkit listrik, bandara, dan landasan terbang.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh fisikawan Aurélien Houard dari École Polytechnique di Palaiseau, Prancis, menghabiskan waktu bereksperimen dengan laser di gunung Swiss dengan menara telekomunikasi, yang, mungkin tidak mengherankan, menampilkan beberapa petir yang datang ke arahnya.

Dilansir dari Digital Trends (17/1), penelitian itu melibatkan pengarahan getaran kuat dari laser terawatt high-repetition ke arah awan petir di dekat gunung. Kamera berkecepatan tinggi digunakan untuk melihat apakah yang terjadi, dengan video dari sambaran petir yang menunjukkan petir mengikuti laser sekitar 50 meter.

Menurut tim, menembakkan cahaya laser mengionisasi molekul udara untuk menghasilkan saluran plasma yang sangat konduktif agar pelepasan listrik mengalir bersama-sama.

“Batang logam penangkal petir digunakan hampir di mana-mana untuk melindungi dari petir, tetapi area yang dapat mereka lindungi terbatas pada beberapa meter atau puluhan meter,” kata Houard dalam komentar yang dilaporkan oleh Guardian. “Harapannya adalah untuk memperluas perlindungan itu hingga beberapa ratus meter jika kita memiliki cukup energi dalam laser.”

Tim tersebut mengatakan bahwa meskipun cukup banyak penelitian telah dilakukan pada subjek selama 20 tahun terakhir, “ini adalah hasil lapangan pertama yang secara eksperimental menunjukkan petir yang dipandu oleh laser.”

Penelitian ini membuka jalan bagi aplikasi laser ultrashort atmosfer baru dan merupakan langkah maju yang penting dalam pengembangan proteksi petir berbasis laser untuk bandara, landasan terbang, atau infrastruktur besar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, laser yang kuat dapat memengaruhi penglihatan pilot di dekatnya, sehingga arah laser harus direncanakan dengan hati-hati. Dan sementara teknologinya akan melindungi area yang lebih besar dari yang ditawarkan oleh batang penangkal petir, menerapkan sistem teknologi tinggi akan menghabiskan lebih banyak uang.

Share
×
tekid
back to top