Ilmuwan NASA ungkap fakta terbentuknya Bulan

Sebuah simulasi terbaru yang dilakukan NASA berhasil mengungkap fakta terbentuknya bulan di alam semesta.

Ilmuwan NASA ungkap fakta terbentuknya Bulan Source: Engadget

Sebuah simulasi yang dilakukan NASA ternyata mengungkapkan bahwa Bulan sebenarnya memiliki material yang sama dengan Bumi. Simulasi tersebut menggunakan 14 unsur logam yang mudah menguap. 14 unsur tersebut ditemukan dalam sampel dari misi Apollo.

Untuk diketahui, selama ini berkembang sebuah teori proses pembentukan Bulan. Menurut teori tersebut, Bulan tercipta dari tabrakan Bumi dengan Theia, sebuah planet kuno yang diduga pernah ada. Tabrakan tersebut memisahkan sebagian tubuh Theia dan menciptakan Bulan yang mengorbit Bumi.


BACA JUGA

NASA kembangkan robot baru untuk misi luar angkasa

Alat ini menjadi solusi energi di daerah bersalju tebal

Peneliti jabarkan temuan baru terkait evolusi kehidupan di Bumi


Sayangnya simulasi yang baru-baru ini NASA lakukan ternyata menunjukkan fakta berbeda. Dalam simulasi tersebut mendapati bahwa Bulan tersusun dari material yang sama dengan Bumi. Simulasi itu memberikan pemahaman kompleks yang belum pernah dicoba sebelumnya. Menurut para ilmuwan, konsentrasi dalam berbagai elemen tersebut mampu menunjukkan apa yang pernah terjadi.

Dilansir dari Engadget (4/2), para ilmuwan menemukan bahwa ada hubungan yang kuat antara material Bumi dengan Bulan. Hal tersebut berhasil mematahkan teori yang sebelumnya mengatakan bahwa Bulan berasal dari Theia.

Simulasi ini nyatanya berhasil menutup lubang data data ilmiah yang sudah eksis sejak tahun 1970. Para ilmuwan tersebut percaya bahwa simulasi ini dapat menjadi titik tolak baru untuk melakukan beberapa penelitian lainnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: