Ilmuwan MIT ciptakan benang robot untuk obati stroke

Benang robot ini dapat menawarkan alternatif untuk operasi otak, dan dapat dikontrol oleh ahli bedah di luar ruang operasi.

Ilmuwan MIT ciptakan benang robot untuk obati stroke Source: MIT via Engadget

Para ilmuwan di MIT menciptakan robot mirip benang yang dapat meluncur di dalam pembuluh darah otak dan dapat memberikan obat penurun gumpalan untuk mengobati stroke atau aneurisma. Benang robot ini dapat menawarkan alternatif untuk operasi otak, dan dapat dikontrol oleh ahli bedah di luar ruang operasi. Secara teori, ahli bedah dapat mengendalikannya dari jarak jauh.

Inti dari benang ini terbuat dari paduan nikel-titanium yang berdesain lentur dan kenyal. Robot dilapisi dengan pasta karet atau tinta, yang tertanam pada partikel magnetik. Kemudian robot ditutup dengan hidrogel, sehingga menjadikannya halus dan bebas gesekan, dan pada akhirnya benang robot itu dapat dikontrol menggunakan magnet.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi


Saat ini ahli bedah biasanya membersihkan gumpalan darah di otak dengan memasukkan kawat tipis melalui arteri utama pasien. Dokter bedah menggunakan fluoroscope, yang menggambarkan pembuluh darah menggunakan sinar-X, untuk secara manual memutar dan mengarahkan kawat ke pembuluh otak yang rusak. Kateter kemudian disambungkan ke kawat untuk memberikan obat-obatan atau terapi lainnya. Tetapi prosedur ini secara fisik membebani ahli bedah, yang terpapar radiasi berulang dari fluoroscope. Kabel yang digunakannya pun berisiko merusak lapisan pembuluh.

Sebaliknya, benang robot ini dikendalikan oleh magnet, dan ahli bedah bisa mengontrolnya dari luar ruang operasi. Mereka akan terlindung dari paparan radiasi berulang, dan mereka mungkin dapat melakukan prosedur jarak jauh menggunakan joystick.

Berkat hidrogel, minim risiko gesekan terhadap lapisan pembuluh, dan alat ini dapat membantu ahli bedah menjangkau lebih jauh ke dalam otak. Benang robot tersebut belum siap untuk penggunaan nyata, tetapi tim menunjukkan kelincahannya dengan mengarahkan robot benang melalui jalur yang sangat tipis. Tim berharap robot ini dapat memberikan obat-obatan pengurang gumpalan darah atau memecah gumpalan menggunakan laser. Demikian dilansir dari Engadget (29/8).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: