sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Sabtu, 12 Des 2020 10:02 WIB

Ilmuwan kembangkan robot bertubuh lunak

Dalam keadaan normal robot tersebut berbentuk datar, tetapi ketika terkena cahaya, molekul yang tertanam di dalamnya menjadi hidrofobik – ini berarti robot menolak air di sekitarnya.

Ilmuwan kembangkan robot bertubuh lunak
Source: Mark Seniw / Northwest University via New Atlas

Para peneliti di Universitas Northwestern telah mengembangkan robot lunak terbaru yang dapat berjalan dengan kecepatan hampir mirip seperti manusia, yang diaktifkan oleh cahaya dan medan magnet. Robot ini dapat masuk ke ruang sempit serta mengambil, membawa, dan melepaskan benda sesuai permintaan.

Dilansir dari New Atlas (12/12), robot ini menyerupai gurita berkaki empat, berukuran lebar sekitar 1 cm. Sebagian besar terbuat dari hidrogel, membungkus kawat nano nikel serta mengandung molekul polimer yang dirancang khusus. Kombinasi bahan inilah yang memungkinkannya berjalan di dalam air.

Dalam keadaan normal, robot tersebut berbentuk datar, tetapi ketika terkena cahaya, molekul yang tertanam di dalamnya menjadi hidrofobik – ini berarti robot menolak air di sekitarnya, menekuk menjadi bentuk berdiri seperti meja. Setelah dalam keadaan itu, memaparkannya ke medan magnet yang berputar akan menyebabkannya berjalan menuju sumber magnet, berkat kerangka kawat nano di dalamnya.

Meski sebagian besar jenis robot ini merayap dengan kecepatan rendah, tim mengatakan bahwa robot ini dapat berjalan dengan kecepatan yang cukup cepat sekitar satu langkah per detik, sebanding dengan kecepatan berjalan manusia.

“Dengan menggabungkan gerakan berjalan dan akses spesifik, kami dapat memprogram urutan medan magnet tertentu, yang mengoperasikan robot dari jarak jauh dan mengarahkannya untuk mengikuti jalur pada permukaan datar atau miring. Fitur yang dapat diprogram ini memungkinkan kami mengarahkan robot melalui jalur sempit dengan rute yang rumit,” kata penulis utama studi ini, Monica Olvera de la Cruz.

Setelah pekerjaannya selesai, robot dapat dinonaktifkan hanya dengan mematikan lampu, yang membuatnya rileks kembali ke bentuk datar awal. Saat dibutuhkan lagi, ia dapat diaktifkan kembali dengan menyalakan lampu dan medan magnet.

Robot tidak hanya bisa berjalan. Tim peneliti mengatakan bahwa ia dapat membawa benda-benda, baik dengan melingkarkan kakinya atau menempelkan benda ke punggungnya dan merangkak. Setelah mencapai tujuannya, robot dapat melepaskan barang bawaannya dengan membalikkan dirinya sendiri, atau mengguncang benda dengan berputar.

Tag
Share
×
tekid
back to top