Ilmuwan kembangkan baterai baru khusus untuk energi terbarukan

Sebagian besar peneliti energi terbarukan berfokus pada jenis baterai yang disebut flow battery (baterai yang membutuhkan aliran elektrolit) untuk menyimpan energi.

Ilmuwan kembangkan baterai baru khusus untuk energi terbarukan Source: Pexels

Beralih ke sumber energi terbarukan adalah kunci untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan melindungi lingkungan. Namun, ada masalah dengan menggunakan solusi ramah lingkungan dalam skala besar. Ketika angin berhenti bertiup atau matahari terbenam pada malam hari, kita membutuhkan cara untuk menyimpan energi sebagai bagian dari jaringan listrik sehingga selalu tersedia untuk digunakan.

Sebagian besar peneliti energi terbarukan berfokus pada jenis baterai yang disebut flow battery (baterai yang membutuhkan aliran elektrolit) untuk menyimpan energi, di mana listrik disimpan dalam tangki cairan elektrolit. Namun, memproduksi teknologi ini agar hemat biaya pada skala yang diperlukan untuk jaringan listrik merupakan hal yang menantang.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Feri listrik ini punya baterai 56 ton

Peneliti berhasil gandakan kapasitas baterai

Lamborghini dan MIT kembangkan super kapasitor untuk mobil listrik


Para peneliti di Berkeley dapat membantu masalah ini melalui pengembangan membran baterai yang terjangkau, ini adalah bagian baterai yang memisahkan katoda dan anoda. Sel bahan bakar tradisional menggunakan membran berfluorinasi, tetapi membran ini berbiaya mahal dan tidak dirancang untuk flow battery.

Dilansir dari Engadget (8/11), para peneliti tersebut telah menciptakan jenis membran baru khusus untuk flow battery yang terbuat dari polimer yang disebut AquaPIM, atau polimer yang kompatibel dengan air mikroporositas intrinsik.

Membran AquaPIM bekerja dengan kimia baterai yang berbeda, dari logam dan anorganik hingga organik dan polimer, dan elemen tersebut membantu menciptakan sel-sel stabil yang bertahan lebih lama terhadap degradasi. Ia juga jauh lebih murah daripada membran polimer berfluorinasi.

Membran baru ini membuka jalan bagi flow battery yang lebih murah dan lebih dapat diandalkan untuk jaringan listrik, yang pada akhirnya dapat memberi daya pada rumah-rumah di seluruh wilayah dengan energi terbarukan dari angin dan matahari.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: