sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 23 Jan 2021 11:05 WIB

Ramah lingkungan, Ilmuwan ciptakan layar yang bisa terurai alami

Layar masa depan ini menggunakan polimer organik yang dikenal sebagai PEDOT:PSS, di mana jumlah penyerapan cahaya berubah saat diterapkan tegangan.

Ramah lingkungan, Ilmuwan ciptakan layar yang bisa terurai alami
Source: Manuel Pietsch, KIT via New Atlas

Limbah elektronik adalah salah satu masalah yang semakin meningkat, jadi jika komponen elektronik tidak dapat digunakan kembali atau didaur ulang, setidaknya harus dapat terurai secara alami. Dengan latar belakang inilah eksperimen layar elektronik baru hadir. Pasalnya, perangkat tersebut dikatakan dapat dibuat kompos saat tidak lagi diperlukan.

Dibuat oleh para ilmuwan di Karlsruhe Institute of Technology (KIT) Jerman, layar ini merupakan jenis tampilan elektrokromik. Dilansir dari New Atlas (23/1), ia menggunakan polimer organik yang dikenal sebagai PEDOT:PSS, di mana jumlah penyerapan cahaya berubah saat diterapkan tegangan – sebagai akibatnya, segmen individual layar berubah antara keadaan hampir jernih dan buram.

Polimer tersebut diendapkan pada substrat selulosa di-acetate dan ditutup dalam gelatin elektrolit, membuat layar itu menjadi fleksibel dan bersifat merekat. Arus listrik dialirkan melalui elektroda emas. Dan seperti layar elektrokromik lainnya, layar tersebut dapat diproduksi dengan murah menggunakan printer inkjet.

Proses pencetakan dilaporkan dapat dengan mudah ditingkatkan untuk produksi komersial, namun juga memungkinkan untuk produksi sejumlah kecil layar tertentu dalam bentuk atau ukuran khusus. Menurut para peneliti, teknologi itu kemungkinan akan digunakan dalam aplikasi daur ulang pendek. Ini dapat mencakup sensor kulit sekali pakai yang memantau kondisi pasien, atau kemasan makanan yang menunjukkan kedaluwarsa.

“Sejauh yang kami tahu, ini adalah demonstrasi pertama dari layar biodegradable yang dihasilkan oleh pencetakan inkjet. Ini akan membuka jalan menuju inovasi berkelanjutan untuk komponen elektronik lainnya dan untuk produksi elektronik yang lebih ramah lingkungan,” kata Head of Printed Electronics Group KIT Light Technology Institute, Gerardo Hernandez-Sosa.

Share
×
tekid
back to top