sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Senin, 20 Feb 2023 13:33 WIB

Ilmuwan cicipi air berusia 2,6 miliar tahun, begini reaksinya

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh ahli geokimia Dr. Barbara Sherwood Lollar menemukan air tanah tertua di tambang Kidd Creek, Kanada.

Ilmuwan cicipi air berusia 2,6 miliar tahun, begini reaksinya
Source: MSN

Sahabat Tek mungkin akan berpikir dua kali untuk meminum air yang sudah dituang di gelas sejak seminggu lalu, apalagi jika lamanya bertahun-tahun. Namun, ilmuwan satu ini dikabarkan mencicipi 'air tua' yang usianya bahkan sudah mencapai miliaran tahun.

Laporan yang dikutip dari TechEBlog (20/2) mengungkapkan bahwa tim ilmuwan yang dipimpin oleh ahli geokimia Dr. Barbara Sherwood Lollar menemukan air tanah tertua di tambang Kidd Creek, Kanada. Prakambrium ini kemudian dianalisis sidik jari geokimia dan radiogeniknya, dan ditentukan telah berusia sekitar 2,6 miliar tahun. 

Air tanah ini didapatkan dengan proses yang sangat sulit karena posisinya yang terperangkap dalam celah tipis di tengah batu mirip granit. Para ilmuwan mengatakan ini mungkin bukan cairan untuk dikonsumsi manusia.

Namun untuk tujuan penelitian, Lollar memutuskan untuk mencobanya. Rasa pertama yang dia muncul adalah asin, kemungkinan besar disebabkan oleh reaksi antara air dan batu. Lollar kemudian menggambarkan cairan itu lebih kental daripada air ledeng dan lebih mirip sirup maple yang sangat ringan.

Air juga tidak berwarna saat keluar dari tanah, tetapi begitu bersentuhan dengan oksigen, air berubah menjadi oranye. Sebab, mineral di dalamnya mulai terbentuk, terutama besi.

"Bukti ini mengarah pada kesimpulan bahwa waktu tinggal rata-rata air lebih dari satu miliar tahun – dari zaman Prakambrium. Seperti bebatuan purba, air ini membawa pesan dari masa awal Bumi," kata Museum Sains dan Teknologi Kanada.

Untuk diketahui, sumber air ini sudah ditemukan oleh para ilmuwan sejak 2013 lalu. Ini merupakan kantor air hampir 1,5 mil di bawah permukaan bumi di tambang Kanada, yang tidak tersentuh dan terisolasi selama ribuan tahun. Mereka baru dapat menentukan usia air setelah mengambil sampel dan mempelajari daerah tersebut.

Tag
Share
×
tekid
back to top