Ilmuwan berhasil kembangkan robot perasa

Sel-sel bakteri yang dimodifikasi tersebut dikelilingi oleh membran berpori sehingga robot dapat merasakan bahan kimia.

Ilmuwan berhasil kembangkan robot perasa Source: University of California, Davis

Para ilmuwan berhasil mengembangkan robot eksperimental yang dilengkapi dengan indera perasa. Pengujian awal yang dilakukan mereka adalah melakukan uji rasa untuk mengetahui apakah air mandinya terlah terkontaminasi.

Dilansir dari New Atlas (27/6), peneliti dari University of California dan Carnegie Mellon University (CMU) berusaha untuk meniru indera perasa manusia dengan apa yang mereka sebut modul biosensing di lengan pencekram robot. Dalam modul ini terdapat bakteri E.coli yang telah dirancang untuk bereaksi terhadap bahan kimia yang dikenal sebagai IPTG.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mobil otonom Toyota hadir untuk antar para atlet Olimpiade 2020

Robot vakum Samsung bisa deteksi material lantai secara otomatis

Toyota gunakan VR untuk melatih robot asisten rumah tangga


Sel-sel bakteri yang dimodifikasi tersebut dikelilingi oleh membran berpori sehingga robot dapat merasakan bahan kimia seperti IPTG masuk ke dalamnya. Ketika itu terjadi, sel-sel merespons dengan menghasilkan protein fluorescent.

Cengkeraman robot dengan modul biosensing ini kemudian dapat menafsirkan cahaya sebagai sinyal kontrol, yang dalam hal ini digunakan untuk menentukan apakah ia harus mengambil sesuatu dan meletakkannya di wadah air atau tidak. Setelah menghabiskan berjam-jam di dalam air terlebih dahulu untuk memeriksa IPTG, kemudian lengan robot dapat menyatakan aman dan menjatuhkan bola kuning ke wadah air.

Meski robot bekerja lambat dan belum sempurna, tim menganggap mesin penguji rasa sebagai bukti konsep untuk robot jenis baru yang terinspirasi dari biologi. Tantangannya di masa mendatang adalah membuat robot yang dapat “merasakan” lebih dari satu hal dan dapat mendeteksi konsentrasi berbeda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: