Ilmuwan berhasil buat baterai bentuk custom

Dengan menggunakan baterai yang bisa dibuat secara kustom membuat para produsen gadget dapat membuat perangkat mereka lebih tipis.

Ilmuwan berhasil buat baterai bentuk custom Ilustrasi Baterai (iFixit)

Baterai jadi salah satu masalah di setiap perangkat elektronik saat ini. Hal ini dikarenakan para vendor ingin menampilkan smartphone dan wearable yang ringkas dan elegan, meski harus mengorbankan pilihan baterai yang tipis.

Namun, dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh ACS Applied Energy Materials, para ilmuwan menemukan cara baru untuk membuat sebuah baterai. Kabarnya, mereka sudah menemukan cara untuk mencetak 3D baterai lithium-ion ke bentuk apapun yang produsen inginkan.

Para peneliti mengatakan jika para produsen baterai memiliki kendala dalam membuat bentuk lain dari baterai lithium, yang masih menggunakan polimer yang bukan menggunakan konduktor ionik.

Namun dengan menggantinya dengan konduktor ionik, ditambah dengan menggunakan teknologi printer 3D, maka produsen baterai dapat membuat baterai dengan bentuk yang mengikuti produk yang ingin dibuat.

Selain itu, Engadget (18/10) juga menyebutkan jika untuk membuat baterai konduktif, penelitian yang dipimpin oleh Christopher Reyes dan Benjamin Wiley ini menggunakan bahan asam polylactic (PLA) yang biasanya digunakan dalam pencetakan 3D dengan larutan elektrolit. 

Para peneliti juga memasukkan graphene dan karbon nanotube ke dalam desain casing untuk membantu meningkatkan konduktivitas. Setelah modifikasi desain ini, tim mampu mencetak 3D gelang LED, lengkap dengan baterai lithium-ion berukuran sesuai keinginan mereka.

Sayangnya, para peneliti mengatakan bahwa penelitian ini masih ada di tahap awal. Mereka baru dapat menyalakan lampu di perangkat gelang dalam waktu 60 detik saja. Mereka mencatat bahwa kapasitas baterai yang baru bisa dicetak jauh di bawah standar komersial.

Meski demikian, para peneliti akan terus melakukan penelitian lebih besar untuk membuat baterai yang lebih sederhana lagi. Tetapi mereka memiliki ide untuk meningkatkan kapasitas, dan ide ini memiliki banyak janji untuk masa depan gadget dan teknologi kecil.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: