sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 14 Des 2022 11:29 WIB

IBM dan Rapidus siap luncurkan teknologi fabrikasi 2 nm

IBM dan Rapidus telah bekerja sama demi meluncurkan teknologi node 2 nm mutakhir di Jepang. Ini adalah kolaborasi internasional yang sudah lama diharapkan.

IBM dan Rapidus siap luncurkan teknologi fabrikasi 2 nm

IBM dan Rapidus telah mengumumkan kemitraan strategis untuk membangun teknologi dan ekosistem semikonduktor canggih di Jepang. Sebagai bagian dari perjanjian, Rapidus dan IBM akan mengembangkan lebih lanjut terobosan teknologi node 2 nanometer (nm) IBM untuk implementasi oleh Rapidus di pabriknya di Jepang.

Rapidus Corporation adalah salah satu pengembang dan produsen semikonduktor terkemuka, dan didirikan dengan dukungan perusahaan asal Jepang. Kemitraan Rapidus dengan IBM akan memanfaatkan keahlian dekade terakhir dalam penelitian dan desain semikonduktor.

Dilansir dari Gizmochina (14/12), pada tahun 2021 IBM mengumumkan telah mengembangkan chip node 2 nm pertama di dunia. Ini diproyeksikan mencapai performa 45% lebih baik atau efisiensi energi 75% lebih tinggi daripada chip 7 nm.

“Ini adalah kolaborasi internasional yang sudah lama diinginkan, sangat penting bagi Jepang untuk sekali lagi memainkan peran penting dalam rantai pasokan semikonduktor. Saya sepenuhnya yakin bahwa kolaborasi ini akan membuka jalan bagi tujuan kontribusi kami untuk kesejahteraan umat manusia melalui semikonduktor logika canggih yang diproduksi dengan teknologi yang dikembangkan bersama dengan IBM,” kata Presiden dan CEO Rapidus, Atsuyoshi Koike.

Kemitraan ini merupakan bagian dari inisiatif Jepang untuk menjadi pemimpin global dalam penelitian, pengembangan, dan manufaktur semikonduktor. Sebagai bagian dari perjanjian, ilmuwan dan insinyur Rapidus akan bekerja bersama IBM Jepang dan peneliti di IBM di Albany NanoTech Complex yang dimiliki dan dioperasikan oleh NY Creates di Albany, New York – salah satu fasilitas penelitian semikonduktor tercanggih di dunia.

Rapidus berencana menerapkan strategi yang berbeda di bidang manufaktur, termasuk otomatisasi dan efisiensi, demi memastikan kecepatan ke pasar dan daya saing. Perusahaan mengharapkan untuk memulai produksi massal teknologi 2 nm pada paruh kedua tahun 2023.

Tag
Share
×
tekid
back to top