sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 13 Jun 2022 09:04 WIB

Hyundai kenalkan RoboRide otonom di Korea Selatan

Salah satu pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, baru saja mengenalkan ride-hailing otonom menggunakan mobil listrik Ioniq 5.

Hyundai kenalkan RoboRide otonom di Korea Selatan

Produsen mobil Hyundai telah memperkenalkan layanan ride-hailing otonom Level 4 bernama RoboRide di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Salah satu mobil utama yang ditawarkan untuk layanan ini adalah Hyundai Ionic 5, yang dimana juga akan hadir bersama pengemudi darurat (safety driver).

Walikota Seoul dan pejabat kota lainnya adalah penumpang pertama dalam layanan ride-hailing baru ini di distrik Gangnam. Mereka dibawa sepanjang rute di distrik yang merupakan satu-satunya lokasi untuk layanan tersebut di Korea Selatan.

Belum ada detail kapan Hyundai akan menghentikan kehadiran safety driver di RoboRide ini. Dilansir dari Gizmochina (13/6), kendaraan otonom Ioniq 5 dapat menampung hingga tiga penumpang sekaligus.

Layanan RoboRide dengan mobil Hyundai di Korea Selatan awalnya hanya akan tersedia untuk karyawan perusahaan. Penggunaan layanan ini dapat dilakukan digunakan menggunakan aplikasi i.M, mirip dengan yang digunakan oleh Waymo atau Cruise. Aplikasi i.M dikembangkan oleh Jin Mobility dan akan sangat bergantung pada AI.

Ioniq 5 sendiri didasarkan pada Advanced Driver Assistance System (ADAS) milik Hyundai. Tidak ada indikasi berapa lama layanan percontohan RoboRide ini akan berlangsung di Korea Selatan. Perusahaan merasa tonggak ini merupakan titik perubahan penting karena terus menggunakan teknologi kemudi otonom.

Ada dua puluh lima distrik di Seoul dan RoboRide hanya aktif di satu distrik. Pasalnya, lampu lalu lintas di distrik lain belum mampu berkomunikasi dengan kendaraan otonom. Data yang akan dikumpulkan dari skema percontohan akan membantu Hyundai dalam mengintegrasikan beberapa komponen dalam produksi kendaraan otonom.

Share
×
tekid
back to top