Honda kembangkan AI yang bisa penasaran

AI Curious Minded Machine dapat mengamati interaksi dan tugas manusia, dan kemudian menunjukkan cara yang lebih baik dan lebih efisien untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Honda kembangkan AI yang bisa penasaran Ilustrasi: Pexels

Honda kabarnya sedang bekerja sama dengan tiga universitas dalam proyek yang bertujuan untuk mengembangkan artificial intelligence (AI) yang memiliki rasa penasaran. Dilansir dari Engadget (26/10), AI tersebut diberi nama Curious Minded Machine yang akan bekerja menuju sistem pintar sehingga dapat belajar secara terus menerus, sama seperti manusia dan benar-benar dapat belajar seperti yang dilakukan anak-anak.

“Tujuan utama kami adalah untuk menciptakan jenis mesin baru yang dapat memperoleh minat dalam belajar dan pengetahuan, serta kemampuan untuk berinteraksi dengan dunia dan orang lain. Kami ingin mengembangkan Curious Minded Machines yang memiliki rasa ingin tahu untuk melayani kebaikan bersama dengan memahami kebutuhan orang, memberdayakan kemampuan manusia dan akhirnya mengatasi masalah sosial yang kompleks,” kata Principal Scientist, Honda Research Institute, Soshi Iba.


BACA JUGA

Peneliti ungkap AI dapat membuat tiruan sidik jari

Robot AI ini punya wajah dan ekspresi

Eropa bakal gunakan AI pendeteksi kebohongan di bagian imigrasi


Honda menjelaskan nantinya AI Curious Minded Machine dapat mengamati interaksi dan tugas manusia, dan kemudian menunjukkan cara yang lebih baik dan lebih efisien bagi orang untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Masing-masing dari tiga universitas yang bermitra dengan Honda akan menghadapi masalah berbeda. University of Washington akan bekerja untuk mengembangkan model matematika rasa ingin tahu, menggunakan cara anak-anak belajar melalui eksplorasi sebagai panduan. Program CSAIL MIT berfokus pada perancangan sistem yang lebih baik memprediksi fenomena dengan mencatat apa yang tidak diprediksi dengan baik dan menemukan cara untuk memperoleh informasi yang dapat membantu meningkatkan kemampaun prediksinya. Terakhir, University of Pennsylvania bertujuan untuk meniru pembelajaran biologi dalam sistem AI dengan menerapkan pendekatan yang aktif dan efisien untuk memperoleh representasi dari dunia dan tindakan di sekitarnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: