sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Senin, 04 Mar 2024 15:00 WIB

Google Password Manager di android siapkan fitur berbagi kata sandi dengan keluarga

Fitur ini akan mempermudah pengguna yang menggunakan manajer kata sandi Google Chrome dan mengelola beberapa akun online yang dibagikan dengan anggota keluarga.

Google Password Manager di android siapkan fitur berbagi kata sandi dengan keluarga
Sumber: @AssembleDebut (TheSPAndroid)

Google Password Manager di Android tampaknya akan segera memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kata sandi dengan aman bersama keluarga mereka. Fitur ini akan mempermudah pengguna yang menggunakan manajer kata sandi Google Chrome dan mengelola beberapa akun online yang dibagikan dengan anggota keluarga.

Berbagi kata sandi dengan keluarga seringkali menjadi masalah, terutama saat pengguna sedang terburu-buru dan tidak ingat detail login untuk akun bersama. Namun, dengan pengembangan terbaru ini, pengguna Google Family Groups dapat dengan mudah dan aman berbagi kata sandi di dalam grup.

Dilansir dari Phone Arena (3/4), pembaruan ini pertama kali terlihat dalam versi desktop Google Chrome dan kemudian dalam versi terbaru Layanan Google Play (24.09.12 190400–610662703). Hal ini menunjukkan bahwa Google tidak akan mengabaikan perangkat Android dalam hal fungsionalitas ini.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, terlihat bahwa akan ada tombol "Bagikan" yang akan muncul di bawah akun yang tersimpan, bersama dengan opsi "Edit" dan "Hapus". Setelah tombol tersebut ditekan, pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa mereka ingin berbagi kata sandi dan diberi tahu bahwa fitur ini hanya untuk anggota kelompok keluarga yang dapat diatur melalui pengaturan akun Google.

Meskipun fitur ini masih dalam pengembangan, prosesnya terlihat cukup sederhana baik bagi pengirim maupun penerima. Setelah berbagi kata sandi, penerima akan melihat info ketika mengunjungi situs web di perangkat mereka sendiri, memberi tahu mereka bahwa kredensial sudah tersedia.

Walaupun demikian, Google kemungkinan masih terus menyempurnakan sistem ini, dan prosedurnya mungkin akan berubah sebelum rilis resmi. Namun, jika fitur ini diluncurkan secara resmi, kemungkinan besar akan menghilangkan kebutuhan untuk berbagi kata sandi melalui metode yang tidak aman, seperti pesan teks yang tidak terenkripsi atau melalui email.

Share
×
tekid
back to top