sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Jumat, 20 Okt 2023 19:28 WIB

GM, Honda, dan Cruise akan hadirkan taksi otonom canggih di Jepang

GM, Honda, dan Cruise berencana menawarkan layanan taksi tanpa pengemudi di Jepang pada tahun 2026. .

GM, Honda, dan Cruise akan hadirkan taksi otonom canggih di Jepang

GM, Cruise, dan Honda bekerja sama untuk memperkenalkan layanan ride-hailing otonom di Jepang pada tahun 2026. Perusahaan-perusahaan itu telah menandatangani nota kesepahaman untuk membentuk usaha patungan untuk proyek tersebut, dan mereka berharap dapat mendirikan perusahaan tersebut pada paruh pertama tahun 2024, asalkan mereka dapat memperoleh persetujuan peraturan yang diperlukan.

Dilansir dari Engadget (20/10), layanan ride-hailing ini akan menggunakan van antar-jemput listrik Cruise Origin yang telah dikembangkan bersama oleh perusahaan. Ini adalah kendaraan otonom tanpa kemudi atau bahkan kursi pengemudi, yang berarti tidak memiliki pedal dan kaca spion.

Sebaliknya, mobil tersebut memiliki ruang kabin besar di mana hingga enam penumpang dapat duduk saling berhadapan, dan pintunya dapat dibuka seperti kereta bawah tanah. “Peluang bagi layanan ridehail di Jepang, yang diharapkan menjadi yang pertama, sangatlah besar,” kata GM dalam pengumumannya.

Hal ini mempunyai potensi untuk mengatasi kekurangan pengemudi yang sedang terjadi di negara Jepang dan dapat memberikan alternatif bagi mereka yang tidak dapat menggunakan sistem kereta api dan kereta bawah tanah Tokyo yang luas karena alasan apa pun.

Meskipun proyek ini masih dalam tahap awal, perusahaan-perusahaan tersebut sudah mempunyai visi mengenai bagaimana mereka ingin melaksanakan rencananya. Mereka berencana untuk memulai dengan mengerahkan “belasan” Cruise Origin di pusat kota Tokyo pada tahun 2026 sebelum memperluas armadanya menjadi 500 Origin.

Setelah itu, mereka berharap layanan tersebut tersedia di luar pusat ibu kota. Seperti layanan serupa lainnya, penumpang akan dapat memesan Origin melalui aplikasi khusus, serta membayar biaya perjalanan mereka.

Share
×
tekid
back to top