sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 30 Des 2021 12:31 WIB

Geely bermitra dengan Waymo untuk bangun armada taksi otonom

Baik Geely dan Waymo menyatakan bahwa mobil listrik taksi tersebut akan dirancang dan dikembangkan oleh Zeekr, merek mobilitas listrik Geely, di sebuah fasilitas di Gothenburg.

Geely bermitra dengan Waymo untuk bangun armada taksi otonom

Perusahaan otomotif multinasional asal Tiongkok Geely mengumumkan bahwa merek kendaraan listrik premium mereka, Zeekr, akan bermitra dengan Waymo. Kemitraan ini adalah untuk membangun kendaraan otonom listrik untuk armada Waymo One di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Waymo LLC adalah perusahaan pengembangan teknologi mengemudi otonom asal AS yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet Inc (perusahaan induk Google).

Baik Geely dan Waymo menyatakan bahwa mobil listrik taksi tersebut akan dirancang dan dikembangkan oleh Zeekr, merek mobilitas listrik Geely, di sebuah fasilitas di Gothenburg, Swedia menggunakan “arsitektur mobilitas open-source eksklusif baru.” Setelah mobil dikirim ke Waymo di AS, perusahaan berencana untuk menyiapkan dengan teknologi kemudi otonom mereka yang disebut Waymo Driver.

Dilansir dari Gizmochina (30/12), perusahaan itu tidak memberikan garis waktu spesifik kapan kita dapat mengharapkan kendaraan untuk turun ke jalan tetapi menyatakan bahwa mobil akan diperkenalkan di armada Waymo One di tahun-tahun mendatang. Namun, perusahaan telah menguji van otonomnya di Phoenix, Arizona selama lebih dari satu tahun sekarang.

Google pertama kali mendirikan proyek mobil otonom pada tahun 2009. Kemudian dinamai ulang Watmo dan membuat anak perusahaan terpisah dari Alphabet. Namun, setelah hampir 13 tahun berdirinya, sepertinya kita masih punya waktu sebelum Waymo menawarkan layanan ride-hailing yang sepenuhnya otonom kepada masyarakat umum.

Share
×
tekid
back to top