Ford rancang mobilnya dengan VR

Menggunakan alat menggambar 3D, desainer mobil bisa bekerja dari sudut manapun, karena mereka dapat memutar model demi tampilan terbaik.

Ford rancang mobilnya dengan VR Source: Ford via Engadget

Ford sedang berencana merancang mobil dalam teknologi virtual reality (VR). Dilansir dari Engadget (29/1), pabrikan otomotif tersebut mulai bereksperimen dengan sebuah alat yang memungkinkan para perancang untuk menggambar mobil 3D di VR. Alat tersebut disebut Gravity Sketch. Alat ini  menjanjikan penghematan lebih banyak waktu dalam prosesnya.

Awalnya para perancang kendaraan mengawali desainnya dengan sketsa 2D. Lalu mereka memindahkannya dan dirender ke bentuk 3D menggunakan software. Proses tersebut untuk menentukan apakah desain layak diteruskan.


BACA JUGA

UPS siap antar barang gunakan truk otonom

Jokowi keluarkan Perpres soal kendaraan listrik

Nissan dukung dua standar stasiun pengisian mobil listrik


Menggunakan Gravity Sketch, desainer akan melewati langkah pertama dan terjun langsung ke sketsa 3D. Mereka hanya perlu memakai headset VR dan menggunakan kontroler. Hal ini akan mempersingkat waktu yang bisa sampai sekitar seminggu, menjadi hanya beberapa jam saja.

Menggunakan alat gambar 3D, para desainer mobil akan dapat bekerja dari sudut manapun, karena mereka dapat memutar model demi tampilan terbaik. Mereka bahkan dapat masuk ke dalam interior model 3D. Lalu di sana mereka bisa merancang kabin untuk penumpang maupun pengemudi.

Seperti yang dijelaskan Ford Design Manager, Michael Smith, “Masuk ke dunia 3D memberi kita pandangan 360 derajat terhadap kendaraan ketika sedang dibuat.”

Ford mencoba mempermudah proses kerjanya. Tampaknya merancang menggunakan VR dapat menghadirkan detil yang lebih baik sehingga hasilnya lebih memuaskan. Mungkin perlu waktu bagi konsumen untuk mencoba mobil rancangan VR pertama nanti.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: