Ford punya robot pengirim barang mirip musuh Robocop

Robot buatan Agility Robotics tersebut sepintas terlihat seperti robot Cain yang ada di film Robocop 2, tetapi dengan tubuh lebih pendek dan lebih ramping.

Ford punya robot pengirim barang mirip musuh Robocop

Ford tengah mengerjakan solusi pengiriman otomatis menggunakan robot agar dapat meletakan barang kiriman tepat di depan rumah, bukan di pinggir jalan. Robot ini memiliki dua kaki sehingga dapat menaiki tangga. Dilansir dari Engadget (22/5), ia dapat melipat tubuhnya sehingga muat di dalam mobil otonom.

Robot yang dibuat oleh Agility Robotics tersebut diberi nama Digit dan dapat mengangkat paket berbobot hingga 18 kilogram. Keuntungan lain Digit adalah mampu melintasi medan yang tidak rata serta dapat menjaga keseimbangannya jika terjadi benturan.


BACA JUGA

Nissan uji coba robot bebek yang bisa berkeliaran di sawah

Di balik kontroversi MacDonald's dan robot-robot juru masaknya

Robot ikan bergerak lebih alami berkat teknologi darah tiruan


Digit mampu melakukan perjalanan dari mobil ke pintu rumah dengan memanfaatkan data yang diperoleh oleh kendaraan otonom. Mobil ini membangun peta terperinci di sekitarnya, kemudian secara nirkabel membagikannya dengan robot. Melalui pertukaran data ini, Digit dan kendaraan bahkan dapat bekerja secara kolaboratif untuk mengidentifikasi jalur pengiriman yang paling efisien.

Robot buatan Agility Robotics tersebut sepintas terlihat seperti robot Cain yang ada di film Robocop 2, tetapi dengan tubuh lebih pendek dan lebuh ramping. Meski demikian, Digit sangat ramah dan sebentar lagi akan beroperasi di kota-kota besar AS. Sejumlah negara bagian AS secara resmi telah mengizinkan penggunaan robot pengiriman di trotoar, dan banyak perusahaan lain yang tengah mengerjakan konsep serupa.

Sudah ada beberapa perusahaan yang telah (atau akan) menggunakan robot untuk melakukan pengiriman otonom, salah satunya adalah FedEx. Tetapi tidak ada satu robot pengiriman yang seperti Digit.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: