sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 01 Mei 2021 09:05 WIB

Perusahaan Finlandia kenalkan pembersih jalan otonom berbasis Lidar

Untuk operasi pembersihan jalan perkotaan reguler, baterai Trombia Free memiliki waktu antara 8,5 dan 17 jam per pengisian daya.

Perusahaan Finlandia kenalkan pembersih jalan otonom berbasis Lidar
Trombia Technologies via New Atlas

Tahun lalu perusahaan bernama Trombia Technologies asal Finlandia mengenalkan penyapu jalan bertenaga listrik otonom. Kini perusahaan tersebut telah turun ke jalan Helsinki sebagai bagian dari Jätkäsaari Mobility Lab. Mereka membuat robot Trombia Free mulai beroperasi di sepanjang jalur sepeda Helsinki Baana serta pembersihan jalan pada malam hari di tempat lain.

Trombia Free memiliki desain seperti mesin pemotong rumput robotik yang sangat besar. Robot otonom ini berukuran panjang 3,52 meter dan lebar 2,3 meter. Ukuran ini dapat meningkat menjadi 3 meter dengan menambahkan dua sapu selokan. Tugasnya adalah bergerak perlahan di jalan-jalan kota, membersihkan sambil jalan.

Dilansir dari New Atlas (1/5), pembersih tersebut menggunakan teknologi Lidar dan teknologi machine vision untuk berputar-putar membersihkan jalan dan jalur kota, mampu menghindari rintangan sendiri dan dapat beroperasi di segala cuaca pada malam dan siang hari. Pembersih jalan ini bisa melaju hingga 10 km/jam, tetapi dibatasi antara 2 dan 6 km/jam untuk operasi penyapuan jalanan.

Trombia Technologies mengatakan mereka menggunakan kurang dari 15% daya yang dihubungkan oleh teknologi pembersih jalanan konvensional, hanya memerlukan daya 6 hingga 10 kW untuk membersihkan perkotaan. Sebagai perbandingan, pembersih jalanan diesel tradisional menggunakan daya 70 hingga 130 kW.

Untuk operasi pembersihan jalan perkotaan reguler, baterai Trombia Free memiliki waktu antara 8,5 dan 17 jam per pengisian daya, atau antara 4 dan 8 jam untuk penyapuan daya tinggi terus-menerus. Tersedia opsi baterai Li-ion 45,6 atau 91,2 kWh. Robot penyapu ini akan tersedia secara komersil mulai 2022 dengan harga yang belum diinformasikan.

Share
×
tekid
back to top