Elon Musk perlihatkan pesawat uji Starship

Pesawat uji coba tersebut akan memiliki panjang 10 meter (seperti versi sesungguhnya), tetapi akan memiliki ukuran keseluruhan lebih kecil dan tidak akan dilengkapi jendela.

Elon Musk perlihatkan pesawat uji Starship Source: SpaceX

Bukan rahasia lagi bahwa SpaceX telah membuat pesawat yang disebut Starship. Dilansir dari Engadget (6/1), Elon Musk telah memposting konsep karya seni yang menunjukkan seperti apa bentuk pesawat yang akan ia buat. Pada sebuah postingan di Twitter, Elon Musk menunjukan prototipe Starship dan terlihat seperti roket pada film fiksi ilmiah tahun 1950-an. Berbodi stainless steel dan berkilau.

Pesawat uji coba tersebut akan memiliki panjang 10 meter (seperti versi sesungguhnya), tetapi akan memiliki ukuran keseluruhan lebih kecil dan tidak akan dilengkapi jendela. Pesawat ini nantinya akan melakukan penerbangan suborbital sebelum menjalankan misi utamanya pada tahun 2020.


BACA JUGA

Susah menghadapi masa depan, SpaceX pangkas 700 karyawan

Mengintip kapsul Crew Dragon untuk penerbangan komersil NASA

Seberapa sulit melakukan pendaratan di Mars?


Kita mungkin tidak perlu menunggu lama untuk melihat seberapa baik konsep pesawat dibandingkan dengan versi aslinya. SpaceX saat ini berharap untuk menerbangkan pesawat uji coba tersebut pada bulan Maret atau April, atau sekitar setengah tahun lebih awal dari yang diperkirakan. Meski kita masih harus bersabar sebelum melihat Starship yang sudah jadi, ini adalah pertanda bagus karena SpaceX terlihat serius menggarapnya.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: