sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Senin, 30 Mar 2020 08:30 WIB

Drone ini bisa deteksi demam, pernapasan, dan gejala lainnya untuk perangi virus corona

Dengan mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) “drone pandemi” Draganfly berupaya mendeteksi dan melacak kondisi pernapasan.

Drone ini bisa deteksi demam, pernapasan, dan gejala lainnya untuk perangi virus corona
Source: Draganfly via PetaPixel

Salah satu pesaing utama DJI di dalam kancah drone kamera komersial, Draganfly, bekerja sama dengan Departemen pertahanan dan University of South Australia untuk mengerahkan “drone pandemi” khusus yang dapat mendeteksi batuk, bersin, laju pernapasan, dan bahkan demam dari jarak jauh.

Drone otonom ini adalah bagian dari sesuatu yang disebut Vital Intelligence Project, sebuah ilmu data perawatan kesehatan dan kolaborasi deep learning antara University of South Australia dan Australia DOD yang baru saja memilih Draganfly sebagai mitra integrasi eksklusifnya.

Dilansir dari PetaPixel (30/3), dengan mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dari universitas tersebut, “drone pandemi” Draganfly berupaya mendeteksi dan melacak kondisi pernapasan untuk memerangi Covid-19 dan keadaan darurat kesehatan lainnya di masa mendatang.

“Ketika kita bergerak maju, drone dan teknologi otonom yang melakukan pendeteksian akan menjadi bagian penting untuk memastikan keselamatan publik. Draganfly merasa terhormat untuk bekerja pada proyek yang begitu penting mengingat pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di dunia,” kata Direktur Draganfly dan mantan Kepala Staf Gedung Putih, Andy Card.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai kapan “drone pandemi” tersebut akan meluncur di Australia atau atau di negara lain, tetapi Draganfly mengatakan mereka mencoba untuk mengudara secepat mungkin. Perlu dicatat bahwa ada konsep seperti itu namun menggunakan drone yang kurang mutakhir, yang mana telah digunakan oleh beberapa negara di seluruh dunia untuk memantau pandemi Covid-19 atau membantu membersihkan jalanan.

Share
back to top