Di Afrika, AI digunakan untuk mendeteksi pemburu liar

Potensi AI semakin menjanjikan. Kali ini, AI digunakan oleh sejumlah penjaga Taman Nasional di Tanzania untuk mendeteksi keberadaan pemburu liar.

Di Afrika, AI digunakan untuk mendeteksi pemburu liar Source: Resolve

AI makin menunjukkan potensinya di berbagai sektor. Di Afrika, teknologi AI digunakan untuk membantu penjaga hutan mendeteksi kehadiran pemburu liar. Hal itu dilakukan di Taman Nasional Serengeti di Tanzania.

Di Taman Nasional Serengeti, setidaknya ada 150 ranger yang bertugas menjaga area seluas negara Belgia tersebut. Nah, kadang kala, beberapa hewan bersembunyi di daerah yang sulit dijangkau oleh para penjaga, salah satunya gajah. Akibatnya, hewan-hewan tersebut menjadi sasaran bagi pemburu liar.


BACA JUGA

AI makin piawai deteksi kanker

AI bisa menghidupkan subjek manusia pada foto

AI dari Adobe bisa deteksi foto yang disunting


Dilansir dari TheVerge (4/1), sebuah lembaga non-profit bernama Resolve menyediakan solusi untuk masalah tersebut. Resolve  mengembangkan sebuah perangkat berbasis AI yang mereka sebut TrailGuard AI. Alat ini akan mengidentifikasi manusia dan hewan yang masuk dalam area di sekitarnya.

TrailGuard AI dibekali dengan chip buatan Intel. Nantinya, sejumlah kamera akan ditempatkan di beberapa lokasi yang biasanya diakses oleh pemburu liar. Selanjutnya, sistem AI akan memberitahu penjaga taman jika terdapat aktivitas mencurigakan yang tertangkap oleh kamera.

TrailGuard AI sebenarnya sudah lama dikembangkan Resolve  untuk urusan konservasi. Sayangnya, generasi pertama alat ini memiliki ukuran yang cukup besar, baterai yang terbatas dan sangat sederhana. Sensornya sering kali mengirim informasi yang tidak akurat.

Nah, versi baru yang digunakan di Taman Nasional Serengeti ini punya ukuran yang tidak lebih besar dari jari manusia, baterainya bisa bertahan selama satu setengah tahun dan mampu mendeteksi manusia, hewan bahkan kendaraan dengan baik.

Adapun chip yang digunakan adalah Intel Movidius Myriad 2 VPU (Vision processing unit), teknologi yang sama yang digunakan oleh Google automatic Clip Camera.

Perlu diketahui, di Afrika, tiap 15 menit seekor gajah dibunuh oleh pemburu liar. Saat ini populasinya hanya berjumlah 100 ribu ekor. Resolve berharap, pengguna TrailGuard AI mampu membantu penjaga taman untuk mencegah aksi para pemburu liar.

(video)
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: