sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Kamis, 28 Mei 2020 18:59 WIB

Cuaca tidak bersahabat, misi peluncuran NASA dan SpaceX ditunda

Misi peluncuran Demo-2 yang akan membawa dua astronot NASA ke ISS dengan kapsul SpaceX Crew Dragon ditunda hingga 30 Mei.

Cuaca tidak bersahabat, misi peluncuran NASA dan SpaceX ditunda
Source: NASA TV

Satu-satunya hal yang tidak bisa dihindari ketika berurusan dengan sebuah penerbangan adalah cuaca atau kondisi langit. Misi penerbangan berawak Demo-2 dengan kapsul Crew Dragon SpaceX dan dua astronot NASA ditunda dari waktu yang direncanakan. Penundaan ini disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat.

Crew Dragon seharusnya diluncurkan dengan Falcon 9 dari NASA Kennedy Space Center pada 27 Mei pukul 12.15 ET, atau hari ini sekitar pukul 2 dini hari waktu Indonesia bagian barat. Namun, karena cuaca yang terbilang buruk, peluncuran ditunda hingga 30 Mei pukul 15.22 ET. 

Melalui siaran langsung NASA di saluran resmi YouTube, peluncuran Crew Dragon tampak menunggu waktu yang pas. Kapsul yang rencananya meluncur pada pukul 12.15 ET tersebut, diundur hingga waktu 1 jam. Namun, tampaknya cuaca belum bersahabat sehingga kedua pihak akhirnya memutuskan untuk menundanya 3 hari kemudian. 

"Kami terus melewatkan beberapa aturan cuaca yang berbeda untuk menemukan kemungkinan melakukan peluncuran hari ini walaupun hingga waktu yang tidak jelas," kata direktur peluncuran SpaceX Mike Taylor sekitar 20 menit sebelum lepas landas yang direncanakan. "Kami akan terus maju dan  mengakhiri upaya peluncuran hari ini," katanya beberapa waktu setelah itu.

Namun, terlepas dari cuaca buruk, tim-tim di NASA dan SpaceX sudah siap untuk lepas landas, dan mereka akan siap lagi pada hari yang peluncuran baru. "Itu adalah hari yang hebat bagi NASA. Itu adalah hari yang hebat untuk SpaceX. Saya pikir tim kami bekerja bersama dengan cara yang sangat mengesankan, membuat keputusan yang baik selama ini," kata Jin Bridenstine administrator NASA.

Dalam siaran langsung tersebut, CEO SpaceX Elon Musk turut menyampaikan rasa bangganya atas apa yang telah dilakukan timnya serta mitra lainnya hingga bisa sampai pada puncak peluncuran.

"Anda bisa melihat ini sebagai hasil dari 100.000 orang, secara kasar, ketika Anda menjumlahkan semua pemasok, semua orang bekerja sangat keras untuk mewujudkan hari ini," kata Musk. 

Demo-2 akan mengirim astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke International Space Station (ISS) dengan kapsul dari SpaceX, yakni Crew Dragon. Misi ini akan menjadi tonggak sejarah bagi seluruh warga Amerika dan juga untuk SpaceX. Karena ini pertama kalinya peluncuran astronot dari tanah AS menggunakan armada SpaceX. Ini juga merupakan momen untuk mengingat pesawat ulang alik NASA yang pensiun sejak Juli 2011 lalu. Semenjak itu, NASA bergantung pada pesawat milik Rusia, yaitu Soyuz.

Presiden AS Donald Trump rencananya juga akan kembali ke California, untuk menonton secara langsung peluncuran bersejarah ini. Melalui cuitan Twitternya Trump mengatakan, "Terima kasih kepada @NASA dan @SpaceX atas kerja keras dan kepemimpinannya. Nantikan kembali bersama Anda di hari Sabtu!"

Share
back to top