sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Rabu, 31 Mar 2021 17:09 WIB

Boston Dynamics ciptakan robot pengangkut otonom untuk gudang

Robot Stretch memiliki lengan robot besar dengan kebebasan 7 derajat dan sistem bantalan hisap yang memungkinkannya mengangkat beban hingga 23 kg.

Boston Dynamics ciptakan robot pengangkut otonom untuk gudang
Source: Gizmochina

Produsen robot asal Amerika Serikat, Boston Dynamics, baru saja merilis robot terbaru untuk meningkatkan logistik digudang. Perusahaan tersebut mengklaim robot mereka yang bernama Stretch sangat efisien dan canggih, sehingga memungkinkan untuk menggunakannya ke gudang tanpa memasang infrastruktur otomasi tambahan. Selain itu, Stretch dapat memindahkan kotak di gudang dengan perkiraan tingkat keluaran 800 paket per jam.

Stretch didesain agak berbeda dari beberapa robot logistik sebelumnya yang diproduksi oleh Boston Dynamics sejak tahun 2019 saat mengakuisisi Kinema Systems. Robot ini memiliki alas penggerak persegi, yakni serangkaian roda untuk navigasi di sekitar lingkungannya. Penggerak ini dilengkapi dengan kamera dan sensor untuk membantu gerakan pintar robot.

Dilansir dari Gizmochina (31/3), Robot Stretch juga memiliki lengan robot besar dengan kebebasan 7 derajat dan sistem bantalan hisap yang memungkinkannya mengangkat beban hingga 23 kg. Daya angkut Stretch terlihat minim, karena tidak dapat menangani beban berat yang biasa terjadi.

Menurut Michael Perry, VP Business Development di Boston Dynamics, robot tersebut dapat memberikan otomatisasi di lingkungan yang tidak memiliki infrastruktur otomasi. Stretch tidak memerlukan trek tambahan atau perlengkapan lain agar dapat bernavigasi dengan mulus di seluruh gudang. Robot ini hadir dengan sistem baterai yang dapat memberi daya selama 8 jam. Proses isi ulang baterainya pun dikatakan sangat mudah dilakukan.

Belum ada keterangan harga dari robot buatan Boston Dynamics ini. Teknologi Stretch mungkin dapat mendorong pelanggan yang mencari solusi otomatisasi tanpa infrastruktur tambahan. Masih harus dilihat bagaimana robot akan tampil dalam skema demonstrasi yang akan dilakukan oleh perusahaan. Penjualan robot secara komersial akan dilakukan pada tahun 2022.

Share
×
tekid
back to top