sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 16 Jan 2023 15:04 WIB

Berkat AI, akuarium ini bisa tampilkan informasi ikan di Micro LED transparan

Akuarium pelacak mata memberitahu pengguna seputar ikan tertentu yang mereka nonton. Ini dilakukan berkat kecerdasan buatan (AI).

Berkat AI, akuarium ini bisa tampilkan informasi ikan di Micro LED transparan

Ketika kita melihat tangki penuh ikan di akuarium umum, mungkin sulit untuk mengetahui spesies dari ikan-ikan tersebut. AI Aquarium dirancang untuk membantu, dengan melapisi informasi yang sejalan dengan masing-masing ikan yang bersangkutan. Dibuat oleh Institute Penelitian Teknologi Taiwan (ITRI), teknologi ini memiliki kecerdasan buatan (AI) dan menerima CES Innovation Award.

Kamera sensor 3D menghadap ke luar yang terletak di atas akuarium melacak mata pengunjung, menentukan ke mana mereka melihat ke dalam tangki. Kamera lain yang mengarah ke akuarium melacak posisi semua ikan. Video real-time dari kamera kedua dianalisis oleh algoritma pengenalan objek, yang secara visual mencocokkan setiap ikan dengan foto spesies yang diketahui dalam database komputer.

Dengan membandingkan garis pandang pengunjung dengan posisi ikan, AI Aquarium dapat menentukan tidak hanya ikan mana yang sedang diamati oleh orang tersebut, tetapi juga spesies ikan itu. Dilansir dari New Atlas (16/1), informasi ini ditampilkan pada layar Micro LED transparan yang menutupi kaca depan akuarium, sehingga teks tersebut dihamparkan langsung di samping pandangan orang terhadap ikan.

Jika penonton menginginkan informasi lebih dari sekadar nama ikan, mereka menggunakan gerakan tangan sederhana untuk meminta sistem menampilkan lebih banyak detail. Sistem AI Aquarium sudah digunakan di Museum Nasional Sains dan Teknologi Kelautan Taiwan. Berikut adalah video saat teknologi tersebut digunakan:

Share
×
tekid
back to top