sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Rabu, 08 Mar 2023 10:32 WIB

Baterai solid-state Xiaomi punya kapasitas lebih besar dan aman dari lithium ion

Terobosan teknologi baterai solid-state Xiaomi telah menggandakan masa pakai baterai ponsel dengan lebih aman.

Baterai solid-state Xiaomi punya kapasitas lebih besar dan aman dari lithium ion

Bisa dibilang bagian ponsel yang paling lemah dan paling lambat berkembang adalah baterainya. Meskipun pabrikan mengkompensasi situasi ini dengan teknologi pengisian cepat yang terus meningkat, tidak akurat untuk mengatakan bahwa kapasitas baterai telah meningkat pesat dalam 10 tahun terakhir. Melihat masalah ini, Xiaomi telah mengambil langkah penting untuk mengatasi masalah ini.

Xiaomi sekali lagi menetapkan standar tinggi untuk industri dengan menghadirkan teknologi baterai solid-state terbarunya. Perusahaan mengklaim bahwa baterai solid-state memberikan peningkatan kapasitas 33% dibandingkan baterai lithium-ion konvensional, tanpa masalah keamanan terkait korsleting dan kebakaran terkait tusukan. Dilansir dari Gizmochina (8/3), Xiaomi telah mencapai kepadatan energi 1.000 Wh/L dengan beberapa baterai prototipenya, jauh lebih tinggi daripada baterai kelas konsumen yang tersedia saat ini.

Teknologi tersebut akan memungkinkan Xiaomi 13 menawarkan kapasitas 6.000 mAh dalam ukuran paket baterai yang sama dengan kapasitas 4.500 mAh yang saat ini tersedia di pasaran. Teknologi baterai solid-state tidak hanya meningkatkan kapasitas tetapi juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan baterai lithium-ion konvensional.

Xiaomi mengklaim bahwa baterai solid-state dapat memberikan daya hingga 20% lebih banyak daripada baterai lithium-ion dalam suhu yang sangat dingin, seperti -20 derajat Celcius. Ini sangat penting bagi pengguna yang tinggal di iklim dingin dan pernah mengalami masalah karena masa pakai baterai ponsel mereka yang anjlok di suhu sangat rendah.

Teknologi baterai solid-state Xiaomi juga lebih aman daripada baterai lithium-ion konvensional, karena menghilangkan risiko korsleting dan kebakaran terkait tusukan. Ini adalah keuntungan yang signifikan bagi pengguna yang mungkin pernah mengalami masalah keamanan terkait baterai di masa lalu. Namun, Xiaomi belum siap untuk memproduksi baterai solid-state secara massal.

Mungkin perlu beberapa tahun bagi perusahaan seperti Xiaomi untuk mengukuhkan seluruh portofolio mereka ke baterai solid-state. Meskipun demikian, pengumuman terobosan teknologi baterai solid-state Xiaomi sangat penting dan menandai langkah maju yang signifikan dalam pengembangan industri teknologi baterai yang lebih efisien dan lebih aman.

Selain itu, Xiaomi telah membuat langkah mengesankan dalam teknologi baterai, seperti yang ditunjukkan oleh teknologi HyperCharge 300 W yang baru diluncurkan, yang dapat mengisi ulang baterai 4.100 mAh hanya dalam 5 menit, menetapkan standar baru untuk pengisian cepat. Meskipun mungkin diperlukan beberapa tahun bagi Xiaomi untuk memantapkan seluruh portofolio mereka ke baterai solid-state, Xiaomi sekali lagi menetapkan standar yang tinggi dan menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan kemajuan teknologi.

Share
×
tekid
back to top