sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Kamis, 20 Jun 2024 10:06 WIB

Baterai solid-state tipe baru bisa bikin ponsel dan wearable nyala jauh lebih lama

TDK Corporation telah berhasil mengembangkan bahan untuk baterai solid-state dengan kepadatan energi 100 kali lebih tinggi.

Baterai solid-state tipe baru bisa bikin ponsel dan wearable nyala jauh lebih lama

TDK Corporation adalah perusahaan Jepang yang memproduksi, mendistribusikan, dan menjual komponen dan perangkat elektronik. Ini adalah perusahaan komponen dan perangkat elektronik terkemuka di dunia yang memiliki teknologi magnet tinggi. Dilansir dari Gizmochina (20/6), kini kabarnya TDK Corporation telah berhasil mengembangkan bahan untuk baterai solid-state dengan kepadatan energi 100 kali lebih tinggi.

Kepadatan energi yang lebih tinggi berarti lebih banyak penyimpanan energi dalam ruang yang lebih sedikit di dalam perangkat. Jadi, secara teori, ini mungkin menawarkan masa pakai baterai yang jauh lebih lama untuk perangkat kompak bertenaga baterai seperti ponsel cerdas dan produk wearable seperti earbud TWS, smartwatch, dan smart ring.

Kita berbicara tentang teknologi baterai solid-state baru yang akan menawarkan kepadatan energi sebesar 1.000 Wh/L, yang hampir 100 kali lebih besar dibandingkan kepadatan energi baterai solid-state konvensional TDK.

TDK telah berhasil mengembangkan material untuk baterai solid-state baru dengan kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dibandingkan baterai solid-state konvensional yang diproduksi secara massal (Tipe: CeraCharge). Hal ini dilaporkan dimungkinkan karena penggunaan elektrolit padat berbasis oksida dan anoda campuran litium.

Perusahaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas baterai melalui teknologi laminasi multi-lapis dan memperluas kisaran suhu pengoperasian dengan bantuan teknologi rekayasa produksi yang telah mereka kumpulkan dalam bisnis komponen elektronik.

Menurut perusahaan, baterai solid-state dengan kepadatan energi tinggi yang baru juga akan aman digunakan. Penggunaan elektrolit padat berbasis oksida adalah sesuatu yang membuat baterai baru “sangat aman”. Perusahaan ini terutama berfokus pada penerapan baterai berdensitas tinggi barunya pada perangkat wearable.

Khususnya, TDK juga bermaksud mengganti baterai utama sel berbentuk koin tradisional, yang tidak dapat diisi ulang. Ini juga akan mematuhi peraturan baterai UE, yang mewajibkan baterai yang dapat diisi ulang. Jadi, kita juga berharap teknologi baterai solid-state baru dari TDK dapat berkontribusi pada pengurangan dampak lingkungan.

Share
×
tekid
back to top