Andalkan AI, robot Exosuit bisa bantu orang berjalan dan berlari

Para peneliti berharap robot tersebut dapat digunakan di luar proses rehabilitasi, membantu siapa saja bergerak dengan mudah.

Andalkan AI, robot Exosuit bisa bantu orang berjalan dan berlari Source: Wyss Institute at Harvard University via Engadget

Perangkat robotik telah digunakan untuk membantu orang berjalan atau berlari dalam proses rehabilitasi. Tetapi hingga kini perangkat tersebut harus dihubungkan dan dibatasi pada satu tindakan, seperti berjalan atau berlari.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan Science, tim peneliti menjelaskan begaimana mereka akan mengubahnya. Para peneliti dari Harvard University dan University of Nebraska Omaha telah mengembangkan perangkat portabel yang menggunakan AI untuk membantu pengguna berjalan dan berlari.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mobil otonom Toyota hadir untuk antar para atlet Olimpiade 2020

Robot vakum Samsung bisa deteksi material lantai secara otomatis

Toyota gunakan VR untuk melatih robot asisten rumah tangga


Temuan ini diberi nama Exosuit, yang dikabarkan memakan waktu dalam proses pembuatannya. Alat ini dikenakan di bagian pinggang dan paha, dirancang agar dapat bekerja dengan otot gluteal pemakainya dengan menambahkan torsi ke sendi pinggul. Aktuator yang merekat pada punggung bagian bawah pengguna dikendalikan oleh algoritma dan memungkinkan Exosuit untuk menyesuaikan ke ukuran yang berbeda-beda.

Dilansir dari Engadget (15/8), pada pengujian pertama, perangkat mengurangi metabolisme pengguna sebanyak sembilan persen saat berjalan dan empat persen saat berlari, dibandingkan dengan ketika mereka berjalan atau berlari tanpa bantuan alat apapun.

Para peneliti berharap teknologiĀ  ini dapat digunakan di luar proses rehabilitasi, membantu siapa saja bergerak dengan mudah. Mereka mengakui pengurangan metabolisme tersebut tidak terlalu besar, mereka juga mengatakan ini adalah bukti bahwa robot yang dapat dipakai dapat membantu lebih dari satu aktivitas. Exosuit dapat membantu masa depan bionik. Kita akan mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan sebelum teknologi disempurnakan lagi agar dapat digunakan untuk aplikasi lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: