Akhirnya limbah kilang minyak bisa berubah jadi air murni

Perawatan ini menggunakan busa arang aktif yang terkena sinar matahari. Ini pada gilirannya menghasilkan panas yang memungkinkan busa menyerap kontaminan minyak dari air.

Akhirnya limbah kilang minyak bisa berubah jadi air murni Source: Pexels

Produk sampingan umum dari kilang minyak dan proses ekstrasi adalah air yang terkontaminasi. Air tersebut dianggap tidak dapat digunakan oleh Environmental Protection Agency (EPA) yang menyebabkan banyak limbah.

Dilansir dari Interesting Engineering (21/3), para peneliti di Purdue University telah mengembangkan proses baru yang mereka klaim menghilangkan “hampir semua jejak minyak dalam air yang diproduksi.”


BACA JUGA

Akhirnya kaki tiruan bekerja layaknya seperti kaki asli

Lem canggih ini bisa rekatkan organ yang terluka

Teknologi modifikasi gen dapat selamatkan pasien


“Ini adalah proses perawatan yang sederhana, bersih, dan murah,” kata asisten peneliti Pascasarjana di Purdue University Northwest Water Instutute, Ashreet Mishra.

“Saya telah melihat di negara asal saya di India bagaimana orang menderita karena kekurangan air murni, dan kami sebagai peneliti perlu melakukan sebanyak yang kami bisa untuk membantu.” ujarnya.

Perawatan ini menggunakan busa arang aktif yang terkena sinar matahari. Ini pada gilirannya menghasilkan panas yang memungkinkan busa menyerap kontaminan minyak dari air. Selain air yang memenuhi standar EPA untuk kebersihan dari sumber industri, tetapi juga minyak yang dapat dipulihkan. Busa tersebut memungkinkan hingga 95 persen dari minyak yang diserap untuk dipulihkan agar dapat digunakan.

Lebih lanjut, para peneliti berpendapat proses tersebut dapat diintegrasikan dengan sistem pembuangan yang ada. Kini para peneliti bekerja dengan Purisue Research Foundation Office of Technology Commercialization untuk mematenkan proses perawatan ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: