sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Minggu, 29 Jan 2023 12:14 WIB

AI Google bisa bikin musik dari deskripsi teks

AI ini tidak hanya dapat menggabungkan genre dan instrumen, tetapi juga menulis trek menggunakan konsep abstrak yang biasanya sulit dipahami komputer.

AI Google bisa bikin musik dari deskripsi teks

Musik mungkin menjadi batasan besar berikutnya untuk pembuatan konten kecerdasan buatan (AI). Google baru-baru ini menerbitkan penelitian tentang MusicLM, sebuah sistem yang menciptakan musik dalam genre apapun dengan deskripsi teks.

MusicLM bukanlah generator musik AI pertama. Seperti yang dicatat TechCrunch, proyek seperti Google AudioML dan OpenAI Jukebox telah menangani masalah ini. Namun, model MusicLM dan database pelatihan yang luas (280.000 jam musik) membantu menghasilkan musik dengan variasi dan kedalaman yang mengejutkan. Orang-orang mungkin menyukai hasilnya.

AI tersebut tidak hanya dapat menggabungkan genre dan instrumen, tetapi juga menulis trek menggunakan konsep abstrak yang biasanya sulit dipahami komputer. Jika pengguna menginginkan perpaduan antara musik dansa dan reggaeton dengan nada “ruang, dunia lain” yang membangkitkan “rasa takjub dan kagum”, MusicLM dapat mewujudkannya.

Dilansir dari Engadget (28/1), teknologi tersebut bahkan dapat membuat melodi berdasarkan senandung, siulan, atau deskripsi sebuah lukisan. Mode cerita dapat menyatukan beberapa deskripsi untuk menghasilkan set DJ atau soundtrack.

Namun MusicLM memiliki masalah, seperti banyak generator AI. Beberapa komposisi terdengar aneh, dan vokalnya cenderung tidak bisa dipahami. Dan meskipun pertunjukan itu sendiri lebih baik dari yang orang-orang harapkan, pertunjukan itu bisa berulang dengan cara yang mungkin tidak dilakukan oleh manusia.

Meski demikian, jangan berencana menggunakan teknologi itu dalam waktu dekat. Seperti generator AI Google lainnya, para peneliti tidak merilis MusicLM ke publik karena masalah hak cipta. Meskipun pertanyaan tentang lisensi untuk musik AI belum diselesaikan, laporan resmi tahun 2021 dari Eric Sunray (sekarang bekerja untuk Music Publishers Association) menunjukkan bahwa ada cukup banyak jejak “koheren” dari suara asli yang dapat dilanggar oleh hak reproduksi musik AI. Pengguna mungkin harus mendapatkan izin untuk merilis lagu buatan AI, seperti halnya musisi yang mengandalkan sampel.

Share
×
tekid
back to top