sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Rabu, 31 Mei 2023 10:05 WIB

AI generatif NVIDIA mungkinkan gamer bicara dengan NPC

Pada ajang Computex 2023, NVIDIA memamerkan teknologi bernama Avatar Cloud Engine (ACE) sehingga gamer bisa berbicara dengan NPC.

AI generatif NVIDIA mungkinkan gamer bicara dengan NPC

NVIDIA telah meluncurkan teknologi yang disebut Avatar Cloud Engine (ACE) yang memungkinkan gamer untuk berbicara secara alami dengan karakter yang tidak dapat dimainkan (NPC) dan menerima respons yang sesuai. Dilansir dari Engadget (31/5), NVIDIA mengungkapkan teknologi tersebut selama keynote AI generatifnya di Computex 2023, menunjukkan demo bernama Kairos, playable character, dengan NPC bernama Jin di toko Ramen.

Demo ini ditunjukkan pada sebuah video, menampilkan seorang pemain melakukan percakapan dengan Jin. "Hai Jin, apa kabar?" tanya orang itu. "Sayangnya, tidak begitu bagus," jawab Jin. "Bagaimana bisa?" "Saya khawatir dengan kejahatan di sekitar sini. Akhir-akhir ini semakin parah. Toko ramen saya terjebak dalam baku tembak."

Sayangnya dialog yang dilakukan agak kaku, dan sepertinya ChatGPT mungkin bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik. Meski demikian, tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa gamer bisa berbicara lewat headset dan NPC akan menjawab dalam konteks yang tepat, membuat interaksi yang lebih alami daripada biasanya dalam situasi seperti itu.

NVIDIA membuat demo ini bekerja sama dengan Convai untuk mempromosikan ACE, yang dapat berjalan baik di cloud maupun secara lokal. Ini menggunakan NVIDIA NeMo untuk membangun, menyesuaikan, dan menerapkan model bahasa besar yang dapat disesuaikan dengan latar belakang pengetahuan dan karakter, sambil menggunakan pembatas untuk melindungi dari percakapan yang tidak pantas. Teknologi ini juga menyebarkan pengenalan ucapan dan alat ucapan-ke-teks yang disebut Riva, bersama dengan NVIDIA Omniverse Audio2Face "untuk secara instan membuat animasi wajah ekspresif dari karakter permainan agar sesuai dengan trek ucapan apa pun."

Demo dibuat di Unreal Engine 5 untuk memamerkan ray-tracing NVIDIA dan fitur GPU lainnya. Visual sebenarnya lebih menarik daripada dialog AI, meskipun mudah untuk melihat bagaimana dialog AI-nya dapat ditingkatkan secara besar-besaran. NVIDIA tidak mengumumkan game apa pun yang akan menggunakan teknologi tersebut, tetapi Stalker 2: Heart of Chernobyl dan Fort Solis akan menggunakan Omniverse Audio2Face.

Share
×
tekid
back to top