Radar ini dilengkapi AI untuk hindari anak-anak terkunci dalam mobil

Perangkat yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Waterloo memiliki ukuran kecil, dengan diameter hanya 3 cm.

Radar ini dilengkapi AI untuk hindari anak-anak terkunci dalam mobil Source: University of Waterloo

Perangkat berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Waterloo dilaporkan dapat mendeteksi anak-anak yang tertinggal sendirian di kendaraan. Teknologi tersebut menggunakan kombinasi radar dan machine learning canggih sehingga bisa menyelamatkan nyawa.

“Kami mengembangkan sensor pendeteksi manusia menggunakan pemantauan nirkontak dari perubahan pada permukaan tubuh. Gerakan karakteristik tubuh yang hidup, seperti pernapasan, dengan memanfaatkan gelombang elektromagnet. Kami menggunakan sensor radar gelombang berfrekuensi rendah untuk tujuan ini. Kami juga mengembangkan algoritma untuk mengidentifikasi kursi yang ditempati, melacak jumlah penghuni dan posisinya,” kata seorang kandidat PhD pada proyek tersebut, Hajar Abedi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AI bisa hasilkan rekam medis dari percakapan pasien dan dokter

Australia manfaatkan AI untuk deteksi pengendara yang gunakan ponsel di mobil

Legoland bisa ubah orang jadi figur Lego berkat AI


Menurut American Academy of Pediatrics, heatstroke (suhu terlalu panas) adalah penyebab utama kematian non-kecelakaan kendaraan bermotor pada anak-anak di bawah 15 tahun. Tubuh anak-anak memanas hingga 5 kali lebih cepat daripada tubuh orang dewasa, membuat mereka lebih rentan terhadap bahaya terkunci di mobil yang panas pada hari yang sangat cerah. Alarm seperti ini dapat memperingatkan orang-orang di sekitarnya jika seorang anak entah bagaimana masuk ke kendaraan dan tertahan di dalam mobil.

Perangkat yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Waterloo memiliki ukuran kecil, dengan diameter hanya 3 cm. Ini akan memungkinkannya dipasang pada kaca spion kendaraan atau di langit-langit mobil. Karena alat ini termasuk radar dan bukan kamera, maka tidak akan terlalu menganggu dan melindungi privasi orang-orang di dalam kendaraan.

Algoritma yang dimilikinya mengambil informasi dari radar yang dipasang, dan kemudian menggunakannya untuk memprediksi jumlah orang di dalam kendaraan. Ketika anak-anak atau hewan peliharaan terkunci di dalam mobil, sistem dapat mencegah pintu mengunci dan membunyikan alarm. Demikian dilansir dari Digital Trends (12/11).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: