AI bisa bikin orang berbicara kembali

Teknologi ini masih jauh lebih baik daripada pendekatan sebelumnya yang tidak mencoba mereplikasi saluran suara.

AI bisa bikin orang berbicara kembali Source: UCSF via Engadget

Seseorang dengan kondisi kehilangan kemampuan berbicara sebenarnya masih dapat mengirim sinyal otak yang digunakan untuk berbicara seperti bibir, rahang dan laring. Para peneliti UCSF mungkin hanya menggunakan pengetahuan itu untuk mengembalikan suara.

Dilansir dari Engadget (25/4), mereka telah membuat teknologi antarmuka mesin yang dapat mengubah sinyal otak menjadi ucapan yang dapat dimengerti. Alih-alih mencoba membaca pikiran, teknologi machine learning mengambil perintah saraf individu dan menerjemahkannya ke saluran vokal virtual yang mendekati output yang dimaksud.


BACA JUGA

Google kembangkan AI untuk main gim sepakbola

AI DeepMind bisa selamatkan satwa langka

Sony pakai AI untuk hasilkan musik


Hasilnya memang belum sempurna. Meskipun sistem secara akurat menangkap suara khas seseorang dan seringkali mudah dipahami, ada kalanya mesin menghasilkan kata-kata yang kacau. Namun, ini masih jauh lebih baik daripada pendekatan sebelumnya yang tidak mencoba mereplikasi saluran suara. Para ilmuwan tersebut juga menguji elektroda yang lebih padat pada antarmuka otak serta machine learning yang lebih canggih sehingga keduanya dapat meningkatkan akurasi secara keseluruhan.

Upaya itu bisa memakan waktu cukup lama, dan tidak ada roadmap yang cukup jelas pada tahap ini. Setidaknya tujuan tersebut jelas, yakni para peneliti ingin mengembalikan suara orang-orang penyandang penyakit sklerosis lateral amiotrofik, parkinson dan kondisi lain di mana kehilangan bicara biasanya tidak dapat diubah. Jika itu terjadi, secara dramatis dapat meningkatkan komunikasi bagi pasien dan membantu mereka merasa lebih terhubung dengan masyarakat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: