sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Rabu, 07 Okt 2020 09:26 WIB

Ada 24 planet yang diklaim lebih baik dari Bumi

Sebuah penelitian terbaru berhasil mengidentifikasi 24 planet yang diklaim memiliki dukungan kehidupan yang lebih baik dari bumi.

Ada 24 planet yang diklaim lebih baik dari Bumi

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Washington berhasil mengidentifikasi beberapa planet yang diklaim lebih tua, sedikit lebih besar, lebih hangat dan lebih basah dari Bumi. Para peneliti itu mengklaim kalau ada setidaknya 24 planet yang berhasil diidentifikasi dan berjarak lebih dari 100 tahun cahaya. 

“Dengan perkembangan teleskop angkasa yang akan datang, kami akan mendapatkan informasi lebih banyak. Jadi ini penting untuk memilih target tertentu. Kami harus fokus pada planet tertentu yang memiliki, yang paling menjanjikan untuk kehidupan yang kompleks,” kata Dirk Schulze-Makuch, pimpinan dalam penelitian ini. 

Dilansir dari SkyNews (7/10), sampai saat ini, para astronom sudah menentukan beberapa kriteria untuk planet yang dapat dihuni. Kriteria ini sudah digunakan pada lebih dari 4500 eksoplanet yang diketahui. Yang dimaksud dengan dapat ditinggali ini tidak berarti bahwa suatu planet sudah memiliki tanda kehidupan. Istilah ini merujuk pada kondisi lingkungan yang mendukung kehidupan. 

Tim peneliti ini mencari bintang dengan tipe G, yang bisa dikenal dengan G-Star. Ini merupakan klasifikasi bintang yang mengonversi hidrogen ke helium di dalam intinya dengan fusi nuklir. Singkatnya, peneliti itu mencari bintang yang mirip dengan matahari, yang merupakan salah satu bintang yang masuk dalam klasifikasi tipe G. 

Tidak hanya itu, planet dengan ukuran 10% lebih besar dari Bumi juga menjadi salah satu prioritas. Ini menjanjikan ukuran dataran yang lebih besar dari Bumi. Tidak hanya itu, massa yang semakin besar membuat sebuah planet bisa mempertahankan suhu panas di dalamnya dan gravitasi yang kuat untuk menarik atmosfer dalam waktu yang lebih panjang. 

Dari ke-24 planet tersebut, sebenarnya tidak ada yang memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Kendati begitu, beberapa di antaranya sudah memiliki sebagian besar kriteria itu. Para peneliti menduga kalau planet-planet tersebut memiliki dukungan kehidupan yang lebih baik dari Bumi. 
 

Share
×
tekid
back to top