sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Jumat, 25 Mar 2022 15:12 WIB

2 Tahun lagi, internet bakal mengudara di Bulan

Startup Aquarian Space mengumumkan rencananya untuk menghadirkan internet di Bulan dalam waktu 2 tahun dari sekarang.

2 Tahun lagi, internet bakal mengudara di Bulan

Perusahaan startup Aquarian Space mengumumkan rencananya untuk membawa internet ke Bulan dalam waktu 2 tahun dari sekarang. Ide ini muncul sejalan dengan upaya NASA untuk meluncurkan manusia ke Bulan. Jika hal ini terjadi, kita perlu memiliki cara yang andal agar bisa berkomunikasi dari Bumi ke Bulan atau sebaliknya.

Aquarian Space berpikir memiliki jawaban yang tepat untuk teka-teki tersebut. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan telah menerima pendanaan awal sebesar USD650.000, menurut laporan BGR (25/3). Dana itu akan digunakan untuk mengembangkan koneksi internet broadband yang menghubungkan Bumi ke Bulan, dan mungkin bahkan ke Mars. 

Secara keseluruhan, tujuan utamanya adalah menawarkan jaringan komunikasi data komersial pertama di Tata Surya. Tentu saja, tujuan ini akan sangat bermanfaat dan dihargai oleh penjelajah luar angkasa di masa depan,

Aquarian Space menyebut layanan barunya sebagai Solnet, dan diharapkan dapat meluncurkan satelit pertama pada 2024. Ini akan diikuti dengan peluncuran kedua pada 2025 untuk mencakup Kutub Selatan Bulan. Namun, perusahaan belum menginformasikan satelit jenis apa yang akan digunakan.

Hal lain yang membuat rencana ini menjanjikan adalah produsen tidak perlu mengubah desain pesawat ruang angkasa untuk bekerja dengan teknologi Aquarian. Setidaknya, itulah yang diklaim perusahaan. Perusahaan saat ini sedang menjalani tinjauan teknis dalam program Commercial Lunar Payload Services NASA, menurut Space.com. Tidak ada kepastian kapan tinjauan itu akan selesai.

Solnet terdengar seperti pendekatan yang menjanjikan untuk membawa internet ke Bulan. Dan, jika Aquarian Space mampu menciptakan sistem yang bekerja mulus dengan pesawat ruang angkasa apa pun, itu bisa membuka banyak pintu untuk perusahaan di masa depan. Namun, butuh waktu bertahun-tahun bagi kita untuk menggapai permukaan Bulan dan membuat koloni Bulan.

Share
×
tekid
back to top