Tweet turis pertama ke Bulan catat rekor retweet terbanyak

Miliarder Jepang, Yusaku Maezawa adalah salah satu pembeli tiket jalan-jalan ke bulan pertama di dunia.

Tweet turis pertama ke Bulan catat rekor retweet terbanyak (Foto: AFP)

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa mengunggah sebuah tweet tentang pertumbuhan bisnis perusahaannya yang signifikan. Siapa sangka cuitan itu mendapat retweet hingga jutaan kali. Cuitan tersebut bahkan menjadi tweet dengan retweet terbanyak sepanjang sejarah Twitter hingga saat ini.

Maezawa merupakan pendiri Zozo, situs belanja online terbesar kedua di Jepang. Melalui tweet-nya itu, dia mengatakan akan membayar total CNY100 juta (Rp205 miliar) kepada 100 juta orang beruntung yang membagikan cuitannya. 


BACA JUGA

Pengguna Twitter bisa filter pesan ofensif

Twitter permudah pencarian pesan di DM 

Twitter ketahuan kembangkan fitur snooze


"Untuk ikut berpartisipasi, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti saya dan retweet tweet ini," kata Maezawa.

Berkat itulah kini tweet-nya viral hingga dibagikan lebih dari empat juta kali dan mendapat like lebih dari satu juta warganet. Tweet itu disertai dengan gambar siluet pria yang menaiki roket, tepat di tengah bulan purnama.

Mengacu dari catatan Statista, rekor tweet yang paling banyak di-retweet sebelumnya dipegang oleh mahasiswa di Amerika Serikat (AS). Kala itu dia mengunggah cuitan yang bertujuan agar dia mendapatkan pasokan nugget ayam gratis selama setahun dari waralaba Wendy's. Posting-an itu di-retweet hingga 3,58 juta kali dan mendapat 990 ribu like.

Tweet selanjutnya yang fenomenal yaitu foto selfie Oscar Ellen DeGeneres 2014 bersama bintag Hollywood seperti Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt dan Angelina Jolie. Posting-an ini telah di-retweet hingga 3,3 juta kali.

Maezawa memang tak begitu dikenal di luar Jepang. Namanya mulai menghentak publik ketika dia diperkenalkan menjadi penumpang pertama wisata ke bulan pada 2023, menggunakan roket SpaceX milik Elon Musk

Kekayaannya memang tak terbantahkan. Situs belanja miliknya, Zozotown berhasil menjual barang hingga CNY10 miliar, selama tahun baru. Dilansir Bloomberg (7/1), bisnis ini menjadi sumber utama kekayaan Maezawa dengan kekayaan bersih senilai USD1,7 miliar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: