sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Jumat, 24 Mar 2023 09:38 WIB

Roblox luncurkan alat pembuat game AI generative pertamanya

Dua fitur AI terbarunya, yaitu Code Assist dan Material Generator, dapat membantu pengguna untuk menjadi kreator dari permainannya sendiri.

Roblox luncurkan alat pembuat game AI generative pertamanya

Game Roblox tengah mengambil langkah pertama untuk memungkinkan penggunanya menjadi kreator dengan meluncurkan alat AI pertamanya, yaitu Code Assist dan Material Generator. Hal itu sejalan dengan visi Roblox yang pernah diungkapkan sebelumnya. Mereka menginginkan AI generatif bisa membantu penggunanya untuk membuat kode, model 3D, dan lainnya hanya dengan sedikit menuliskan teks.

Dikutip dari Engadget (24/3), Kepala Studio Roblox Stef Corazza mengatakan bahwa mereka dapat membantu mengotomatiskan tugas pengkodean dasar, sehingga pengguna dapat fokus pada pekerjaan kreatif. Itu berarti, Roblox dapat menghasilkan cuplikan kode dan tekstur objek yang berguna berdasarkan permintaan dari teks. Contohnya, pengguna bisa menulis tekstur dari gunung yang diinginkan atau membuat sebuah objek berubah warna hanya dengan menulis prompt-nya.

Fitur ini sebenarnya sudah tidak asing bagi pengguna yang pernah menjajal ChatGPT. Namun, Roblox mengingatkan bahwa Code Assist dan Material Generator tersebut mungkin akan kurang sempurna meski tampak menjanjikan untuk dicoba. Jadi, bisa jadi output yang dihasilkan di luar ekspektasi pengguna.

Meski begitu, Roblox cukup yakin bahwa ini merupakan langkah pertama untuk menjadikan setiap pengguna sebagai kreator. Selain itu, AI ini mungkin bisa membantu pengguna menghasilkan adegan 3D interaktif yang dapat dimainkan sepenuhnya dari perintah sederhana.

Tertarik untuk mencoba AI terbaru dari Roblox ini, Sahabat Tek?

Share
×
tekid
back to top