Playstation 5, bakal bersaing di ranah game streaming

Bocoran Sony PlayStation 5 yang sudah bertahun-tahun ditunggu kehadirannya oleh penggemar, mulai banyak terungkap satu per satu.

Playstation 5, bakal bersaing di ranah game streaming

Sony melewatkan ajang game paling besar tahun ini, E3. Akan tetapi Sony menawarkan beberapa detail baru tentang PlayStation 5. Konsol yang sudah lama dinanti penggemar ini, akan datang dengan SSD secara default, bukan HDD yang lebih lambat seperti PS4. 

Dengan hadirnya SSD akan mendukung grafis 4K pada kecepatan refresh rate 120Hz. Dengan begitu tampilan grafis akan menjadi jauh lebih halus pada layar yang dapat menangani kecepatan lebih cepat. Rincian baru mengenai PS 5 yang dilaporkan oleh CNET, mengatakan, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, berencana untuk meningkatkan layanan game streaming PlayStation Now "ke level berikutnya akhir tahun ini." 


BACA JUGA

Sony akan tutup pabrik distribusi cakram Blu-ray di Inggris

Sony bikin chip IoT dengan jangkaun sejauh 96 kilometer

God of War terjual lebih dari 10 juta salinan


Meskipun ia tidak memperinci apa artinya, Sony diketahui menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Microsoft pada teknologi streaming game. Keduanya tampaknya sevisi dalam melawan pendatang baru seperti Google Stadia.

Beberapa fitur juga dirancang untuk mempermudah transisi antar generasi konsol lawas dengan Playstation 5. Belum jelas betul apakah karena adanya layanan Playstation Now atau PS5 kompatibel dengan game PS4. Kendati begitu, kalau gim-gim lawas bisa menyesuaikan diri dengan konsol ini maka tingkat adopsi pemainnya bakal lebih tinggi. Pasalnya gamer tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi untuk membeli gim baru bagi PS5.

Sony PlayStation 5 diperkirakan akan tiba tahun depan. Sony belum membuat pengumuman resmi tentang konsol tersebut, tetapi Sony telah mengungkapkan sejumlah spesifikasi dan detail dalam wawancara yang telah dilakukan para eksekutif menjelang E3. 

Sejauh ini, kita tahu PS5 akan mendukung grafis 8K dan menjalankan CPU delapan-inti berbasis chip Ryzen buatan AMD. GPU yang mendukungnnya berbasis Radeon AMD. Kemudian akan ada chip untuk Audio 3D.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: